May 17, 2016

Tidak Mau Kalah dengan Netflix, BBC Bakal Luncurkan Britflix

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tidak Mau Kalah dengan Netflix, BBC Bakal Luncurkan Britflix  

MOBITEKNO – BBC (British Broadcasting Corporation) sebenarnya bukan pemain baru dalam dunia layanan streaming video. Layanannya selama ini, BBC iPlayer sudah bisa diakses melalui smartphone, tablet, PC, atau smart TV. Layanan yang sudak bergulir sejak 2007 ini bahkan bisa dinikmati warga Inggris tanpa dipungut biaya.

Media milik publik Inggris yang telah berdiri hampir satu abad ini tampaknya belum mau berpuas dengan layanan iPlayer selama ini. Menurut kabar terkahir, media ini sedang menyiapkan layanan streaming berlangganan yang modelnya menyerupai layanan populer Netflix.

Proyek streaming berlangganan yang akan dinamakan Britflix bahkan akan dihadirkan dengan menggandeng rival lokalnya ITV (Independent Television). Keduanya saat ini masih dalam tahap perundingan untuk mencapai kata sepakat bagaimana layanan streaming ini dihadirkan.

Kabar akan hadirnya layanan berlangganan ini diperoleh dari dokumen BBC (White Paper) yang meminta BBC untuk mengembangkan “beberapa bentuk layanan tambahan berlangganan" di tahun-tahun mendatang yang membuka jalan untuk mengadopsi gabungan model pendanaan biaya lisensi, termasuk adanya layanan berbayar.

Layanan Britflix nantinya akan menyediakan koleksi konten baru dan lama dari BBC, termasuk serial produksi sendiri yang bersifat eksklusif seperti yang telah dilakukan Netflix dengan serial ‘House of Cards’ atau Amazon Prime dengan serial ‘Transparent’.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS