February 17, 2016

IMX318: Diklaim Sony Sebagai Stacked CMOS Sensor Pertama dengan Buit-in Hybrid AF dan EIS

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
IMX318: Diklaim Sony Sebagai Stacked CMOS Sensor Pertama dengan Buit-in Hybrid AF dan EIS  

MOBITEKNO – Pasar smartphone Sony boleh saja kurang bersinar. Namun, jika kita mengaitkannya dengan komponen image sensor di smartphone, Sony adalah penguasanya. Hal ini dibuktikan Sony dengan produk image sensornya, Exmor RS, yang banyak digunakan produsen OEM untuk kamera smartphonenya.

Tidak mengherankan jika setiap Sony merilis image sensor terbaru, produsen smartphone pun akan bersiap mengadopsinya pada produk smartphone mereka mendatang. Seperti image sensor yang baru saja dirilis Sony, CMOS sensor IMX318 yang mengandalkan fitur hybrid autofocus (AF) dengan waktu fokus sangat cepat, yaitu hanya 0,03 detik.

CMOS sensor IMX318 yang dirancang Sony berbasiskan kombinasi phase detection autofocus (PDAF) dan contrast detection AF ini juga telah mendukung perekaman video hingga format 4K (3840 x 2160 pixel, 30 fps). Untuk mengurangi efek tremor tangan pengguna saat merekam video (lihat video di bawah), sensornya juga dilengkapi dengan 3-axis electronic image stabilization (EIS).

Sensor IMX318 yang relatif kecil, dengan diagonal 6.858 mm (Type 1/2.6) dan total pixel efektif 22.5 MP ini akan ditargetkan menggantikan pendahulunya, IMX230. Meski datang dengan ukuran pixel yang kecil (1.0 μm vs 1.12 μm pada IMX230), Sony mengklaim kualitas image-nya tidak akan mengalami penurunan seperti yang dibuktikannya pada perbandingan hasil foto di malam hari dari kedua sensor tersebut (lihat gambar kedua di atas).

Pernyataan Sony tersebut masih perlu dibuktikan saat sensor IMX318 hadir di smartphone nanti. Seefektif apakah sensor dengan pixel kecilnya (1.0 μm) bekerja menangkap dan menngolah obyek gambar dengan jumlah pixel tinggi (22 MP), terutama pada kondisi minim cahaya.

Menurut pengakuan Sony sendiri, IMX318 telah menyertakan desain sirkuit yang lebih baik, terutama menyangkut aspek noise reduction dan peningkatan efisiensi pemakaian cahaya.

Berbagai smartphone yang dirilis mulai paruh kedua tahun ini diprediksi akan banyak menggunakan sensor IMX318, termasuk mungkin pada Samsung Galaxy Note 6 atau Apple iPhone 7.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS