December 16, 2016

Jauh Lebih Hemat, Suzuki Ertiga Varian Diesel akan Hadir Tahun Depan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Jauh Lebih Hemat, Suzuki Ertiga Varian Diesel akan Hadir Tahun Depan  

MOBITEKNO – Suzuki Ertiga varian diesel dipastikan akan meramaikan pasar mobil Low-MPV (Multi Purpose Vehicle) Indonesia tahun 2017 nanti. Suzuki Ertiga akan menambah pilihan konsumen dalam memilih mobil 7 penumpang bermesin diesel yang dikenal hemat konsumsi BBM.

Setelah fenomena Isuzu Panther yang dikenal sebagai ‘rajanya diesel’ di pasar Tanah Air di era 90-an, hingga kini produsen mobil dan ATPM belum banyak menawarkan mobil MPV bermesin diesel desain terbaru yang cukup terjangkau dan irit bahan bakar.

Chevrolet sempat menghadirkan Low-MPV diesel-nya (Chevrolet Spin diesel) beberapa tahun lalu seharga 220 jutaan namun sayangnya kurang direspons pasar lokal hingga akhirnya tidak lagi banyak ditawarkan. Adapun, Isuzu Panther yang sempat dikabarkan akan melakukan penyegaran higgga kini pun belum dikeatahui pasti kapan akan dilucurkan.

Animo masyarakat akan mobil diesel yang bertenaga dan irit bahan bakar sebenarnya cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari masih larisnya Isuzu Panther di pasar Tanah Air meski hanya melakukan modifikasi desain (facelift) sejak tahun 2005.

Begitu juga dengan All New Kijang Innova Diesel yang semakin banyak peminatnya. Pihak TAM selaku APM Toyota di Indonesia pernah menyebutkan tren ini dengan menunjukkan komposisi pasar yang hampir seimbang antara Innova versi bensin dan diesel.

Meski komposisinya masih 60 persen diambil Innova bensin, pihak TAM meyakini dengan semakin bagusnya performa diesel Innova (tidak berisik, lebih halus, hemat BBM), ke depannya komposisi anatar Innova bensin dan diesel akan akan semakin seimbang.

Menurut rencana, pihak Suzuki Indomobil akan menggunakan mesin turbodiesel DDiS D13A 1.3 liter yang didukung teknologi diesel SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Kabarnya, mesin ini bisa membuat Ertiga menjadi lebih hemat 50 persen dari Ertiga varian bensinnya. Ini berarti konsumsi bahan bakar Ertiga diesel di jalanan kota berkisar di atas level 20 km/liter. 

Konsumsi bahan bakar ini mungkin dianggap Suzuki bisa menjadi salah satu daya tarik Ertiga diesel bagi konsumen di tengah-tengah sengitnya persaingan pasar mobil Low-MPV dari APM lainnya, seperti Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

Mesin turbodiesel DDiS D13A bukanlah mesin full-fledged hybrid system seperti pada mobil diesel Toyota, tapi ‘setengah’ hybrid system yang menyediakan start-stop otomatis, rem regenerative (regenerative braking), baterai besar, dan ISG (Integrated Starter Generator) sebagai pengganti alternator.

Ertiga Diesel dengan SHVS akan menyediakan gearbox manual lima percepatan dengan tenaga output 90 PS dan torsi 200 Nm. Dengan daya tersebut, bisa diketahui adanya peningkatan performa mesin dibandingkan mesin Ertiga bensin. Sejauh ini diketahui, Ertiga diesel untuk pasar Indonesia akan diimpor (model CBU) dari pabrikan India.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS