August 16, 2016

Tertarik Kerja di Industri Otomotif, Pilih Perusahaan Ini!

Penulis: Eko Lannueardy
Tertarik Kerja di Industri Otomotif, Pilih Perusahaan Ini!  

MOBITEKNO – Otomotif merupakan salah satu industri yang menarik perhatian banyak orang. Salah satunya karena gencarnya promosi yang dilakukan oleh para pemain dalam industri ini dalam memasarkan produk-produk mereka.

Sebagai contoh, melalui pameran otomotif seperti GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang sedang dihelat saat ini hingga 21 Agustus mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Meski menjadi daya tarik bagi para konsumen dan penggemar otomotif, namun bagaimanakah dunia otomotif Tanah Air di mata para pencari kerja? Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut riset yang dikeluarkan oleh Jobplanet (Jobplanet.com).

Hasil riset ini berdasarkan data yang terkumpul melalui situs Jobplanet selama semester I-2016 atau Januari–Juni 2016. Dalam riset ini, Jobplanet menggunakan 480 perusahaan otomotif yang terdaftar dalam situsnya sebagai sampel.

Berdasarkan analisis jumlah pageview ke situs-situs perusahaan yang bergerak di industri otomotif, Jobplanet menemukan bahwa kebanyakan perusahaan otomotif yang menarik perhatian pencari kerja di Indonesia adalah perusahaan yang berafiliasi dengan Grup Astra.

Tercatat, ada tiga perusahaan otomotif yang situsnya paling banyak dikunjungi oleh pencari kerja, yaitu PT Astra Honda Motor (20,17%), PT Toyota Astra Motor (10,05%) dan PT Astra International Tbk (8,01%).

"Jumlah kunjungan ke situs sebuah perusahaan menunjukkan keingintahuan pencari kerja akan seluk-beluk perusahaan tersebut. Astra adalah pemain besar dalam industri otomotif di Tanah Air," ujar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Jobplanet juga melakukan riset untuk mencari tahu tingkat kepuasan karyawan perusahaan otomotif terhadap perusahaan mereka. Dalam riset ini, Jobplanet menganalisis data dari 2.500 orang responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari analisis tersebut, Jobplanet menemukan bahwa rata-rata tingkat kepuasan karyawan otomotif selama semester I-2016 secara keseluruhan adalah sebesar 3,70 dari poin tertinggi 5,0 yang mewakili penilaian “sangat puas”.

Tercatat, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia mendapatkan tingkat kepuasan karyawan yang terbilang tinggi, yakni mencapai nilai 4,17. Selanjutnya ada PT Astra International Tbk yang tingkat kepuasan karywannya mencapai 4,16.

Ada berbagai faktor internal yang memengaruhi tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Di antaranya, jenjang karier, gaji dan tunjangan, work-life balance (keseimbangan hidup), budaya perusahaan, dan faktor manajemen.

"Dari analisis Jobplanet, kami menemukan bahwa enam dari sepuluh perusahaan otomotif yang paling diminati oleh para pencari kerja memiliki tingkat kepuasan karyawan di atas rata-rata tingkat kepuasan karyawan dalam industri otomotif," pungkas Kemas.

10 Perusahaan otomotif yang paling menarik perhatian pencari kerja

1. PT Astra Honda Motor (20,17%)
2. PT Toyota Astra Motor (10,05%)
3. PT Astra International Tbk (8,01%)
4. PT Gajah Tunggal Tbk (7,82%)
5. PT Astra Daihatsu Motor (4,94%)
6. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (4,93%)
7. PT Honda Prospect Motor (3,99%)
8. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (3,46%)
9. PT Astra Otoparts Tbk (1,82%)
10. PT Astra International Tbk – Toyota Sales Operation (0,83%)

10 Perusahaan otomotif dengan tingkat kepuasan karyawannya

1. PT Astra Honda Motor (3,96)
2. PT Toyota Astra Motor (4,06)
3. PT Astra International Tbk (4,16)
4. PT Gajah Tunggal Tbk (3,58)
5. PT Astra Daihatsu Motor (3,94)
6. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (3,63)
7. PT Honda Prospect Motor (3,27)
8. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (4,17)
9. PT Astra Otoparts Tbk (3,46)
10. PT Astra International Tbk – Toyota Sales Operation (4,08)

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS