May 16, 2016

Novel Pertama di Dunia yang Dibuat dengan Dukungan Twitter Poll akan Diluncurkan di Makassar

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Novel Pertama di Dunia yang Dibuat dengan Dukungan Twitter Poll akan Diluncurkan di Makassar  

MOBITEKNO – Fitur Twitter Poll yang dihadirkan akhir tahun lalu bertujuan untuk mengetahui opini banyak orang dalam berbagai hal. Pengguna pun bisa menggunakan fitur ini untuk meminta bantuan follower-nya untuk rekomendasi nama anak yang baru lahir, nama binatang kesayangan, atau pertimbangan lainnya yang membantunya dalam memutuskan sesuatu hal yang cukup dilematis baginya.

Begitu juga yang dilakukan Twitter Indonesia dan penulis novel ternama, Ika Natassa (@ikanatassa), yang pada akhir tahiun lalu (31 Desember 2015) menggelar #PollStory, sebagai inisiatif yang memanfaatkan fitur Polling di Twitter.

Dengan inisiatif ini, keduanya mengajak warga Twitter menentukan alur cerita novel ‘The Architecture of Love’. Hasilnya, 14 episode #PollStory yang diceritakan melalui akun @ikanatassa memperoleh lebih dari 60.000 vote dan 21.000 pembaca di Twitter.

Inisiatif ini juga berhasil menarik perhatian berbagai pihak, termasuk para penulis muda, untuk mendorong mereka memanfaatkan Twitter sebagai ‘jembatan’ interaksi yang bersifat lebih organik dengan pembaca mereka.

Sebagai tindak lanjut dari kesuksesan #PollStory tersebut, Twitter pun mengajak @Gramedia untuk merilis kisah ini dalam format buku fisiknya (buku cetak). Adapun perhelatan tahunan Makassar International Writers Festival (@makassarwriters) dipilih sebagai momen sempurna untuk meluncurkan versi fisik dari novel #PollStory tersebut.

Selain peluncuran buku, Twitter bermitra dengan @makassarwriters juga menggelar kompetisi #puitwit. Pengguna hanya perlu mengirimkan puisi singkat yang nantinya akan dikurasi oleh Aan Mansyur (@hurufkecil) dan Joko Pinurbo (@jokopinurbo) setiap hari. Lima puisi terbaik akan dibacakan setiap harinya dan memperoleh hadiah berupa set buku dan merchandise dari Twitter.

 

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS