May 16, 2016

Kolaborasi Tencent, Intel, dan Haier Hadirkan Game Console Blade TGP BOX

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kolaborasi Tencent, Intel, dan Haier Hadirkan Game Console Blade TGP BOX  

MOBITEKNO – Untuk pertama kalinya Tencent, Intel, dan Haier berkolaborasi meluncurkan apa yang disebutnya Tencent Games Platform (TGP) BOX di ajang Consumer Electronics Show Asia (CES Asia) yang sudah digelar kedua kalinya di Shanghai, Cina.

Selain platform gaming, hadir pula game console (konsol game) TGP BOX yang disebut Blade yang diproduksi oleh Haier. Intel sendiri berperan menyediakan platform computing-nya, termasuk beberapa teknologi inovatifIntel, seperti Intel sensing dan smart home. Pihak ketiga, yaitu Tencent akan mendukung pengembangan sistem, konten game, inkubasi, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan layanan gaming.

Konsol Blade BOX yang berdesain mirip mobil sport ini telah diintegrasikan dengan sistem operasi Windows 10 dan platform TGP BOX. Dapur pacunya sendiri sudah diperkuat CPU desktop Intel Core (i3/i5/i7. Pada mode TGP BOX, player bukan hanya bisa secara langsung men-download (update) game dari game store, tapi juga men-start game yang tersimpan secara lokal atau live stream game.

Sejauh ini, konsol TGP telah mengadopsi berbagai game yang didistribusikan Tencent di Cina, seperti League of Legends, FIFA Online 3, NBA 2K, Monster Hunter, Need for Speed, etc. Tahun ini Tencent berencana akan memperkenalkan game-game berkualitas dari third-party developer di platform gaming-nya tersebut.

Sebagai salah satu dari online game developer dan operator game besar di dunia, Tencent Games diketahui telah merangkul komunitas game online dengan jumlah terbesar di Cina.

Di samping game PC, game untuk mobile device menjadi pendongkrak bisnis Tencent selama dua tahun ini. Tahun 2014 lalu, pendapatannya Tencent naik 28% ke US$ 2.14 miliar. Tencent juga punya ‘tambang uang’ lainnya di segmen jaringan social media-nya yang bertumbuh 32% sebesar US$ 856 juta.

Pertumbuhan pasar global game console diperkirakan masih bertumbuh tahun depan. Menurut data Statista, global shipment produk game console akan meningkat dari 49.63 juta unit pada tahun lalu menjadi 53.04 juta unit di sepanjang tahun 2016.

Pasar gaming di Cina masih akan terus meningkat dengan pesat. Menurut riset Newzoo, sedikitnya ada 173,4 juta gamer di Cina alias terbanyak di dunia. Dari jumlah itu, 65 persennya tergolong gamer yang mau mengeluarkan dananya untuk bermain game. Persentase ini masih berada di bawah AS yang gamer-nya cenderung lebih royal.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES