March 16, 2016

Ransomware Serang Mac OS X, Bagaimana untuk Mencegahnya?

Penulis: Desmal Andi
Ransomware Serang Mac OS X, Bagaimana untuk Mencegahnya?  

MOBITEKNO – Ancaman serangan dalam bentuk malware telah memasuki sistem operasi besutan Apple, Mac OS X. Berdasarkan laporan dari Symantec, ransomware dengan nama KeRanger sempat terdaftar dalam Mac Developer ID yang valid. Hal ini berarti Keranger dapat lolos dari fitur Gatekeeper OS X yang dirancang Apple untuk memblokir softare yang belum dipercaya.

KeRanger akan menyerang berbagai file dan akan mengenkripsi file-file tersebut dengan meminta tebusan dengan jumlah tertentu. Malware ini masuk melalui software installer dari pengguna file sharing. Namun, walaupun Apple telah menutup Developer ID untuk malware ini, keberadaan KeRanger tidak boleh dianggap remeh. Pengguna Mac harus tetap waspada, terutapa terhadap file-file yang ada di dalamnya.

Guna mencegah masuknya KeRanger ke dalam mac OS X, Symantec memberikan beberapa tips penting untuk para pengguna perangkat Apple. Menurut Symantec, para penyerang ini tidak akan berpuas diri. Mereka akan selalu mencari cara untuk menembus Mac OS dari saluran distribusi lainnya. Berikut ini beberapa tips dari Symantec untuk meningkatkan keamanan pada Mac OS X.

  1. Selalu backup file yang tersimpan pada komputer Anda secara teratur. Dengan langkah ini, jika komputer terkena ransomware, Anda masih bisa me-recover ke keadaan semula, saat malware belum masuk.
  2. Jangan hiraukan udpdate untuk sistem keamanan di Mac OS X. Selalu perbarui software keamanan untuk melindungi diri dari varian-varian baru malware.
  3. Lakukan pembaruan juga pada sistem operasinya (jika ada). Pembaruan dari sistem ini biasanya dalam bentuk patch untuk menyempurnakan sistem keamanan yang sudah ada.
  4. Hapus email-email yang terlihat mencurigakan, terutama jika melampirkan berbagai link dalam lampirannya.
Tags: , , , ,


COMMENTS