November 15, 2016

WhatsApp Akhirnya Resmi Umumkan Kehadiran Fitur Video Calling

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
WhatsApp Akhirnya Resmi Umumkan Kehadiran Fitur Video Calling  

MOBITEKNO – Kabar akan hadirnya fitur video calling (panggilan video) di WhatsApp sudah terdengar beberapa waktu yang lalu. Namun baru pada tanggal 14 November 2016 pihak WhatsApp akhirnya mengumumkan secara resmi kesiapan mereka menghadirkan fitur tersebut di aplikasi instant messaging lintas platform yang paling populer sejagat tersebut.

Persiapan untuk menghadirkan fitur video calling di layanan WhatsApp memang tidak mudah. Ini mengingat jumlah pengguna aktif bulanannya (Monthly Active User atau MAU) yang sudah di atas satu miliar pengguna. Berbagai kesiapan, termasuk infrastruktur agar fitur video calling-nya tidak kalah kualitas layanannya dibandingkan fitur pesan teks dan pangilan suaranya (voice call/chat) selama ini.

Fitur video calling sebenarnya sudah banyak dihadirkan oleh aplikasi sejenis/kompetitor. Misalnya, aplikasi dari satu perusahaan, Facebook Messenger, Microsoft Skype, Apple FaceTime, Viber, LINE, WeChat, dan Google Duo.

Salah satu alasan fitur video calling baru didukung WhatsApp adalah keinginan mereka agar fitur ini bisa digunakan semua siapa saja, tanpa limitasi platform, jenis smartphone ataupun jenis koneksi. WhastApp sepertinya ingin menunjukkan aplikasi FaceTime yang hanya hadir di perangkat Apple, atau Google Duo yang hanya didukung pada minimal Android Jelly Bean atau iOS 9.0.

""

Fitur video calling juga dijamin sistem keamanannya oleh WhatsApp.Seperti juga fitur pesan teks dan voice chat, fitur video calling juga akan diproteksi dengan end-to-end encryption. Untuk memulai panggilan video (video call) di WhasApp, pengguna hanya perlu membuka sebuah chat, lalu menekan tombol ‘call’ lalu diikuti dengan memilih opsi video call.

Fitur panggilan video ini akan tersedia untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi minimal iOS 8, Android 4.1, Windows 10 Mobile, atau Windows Phone 8.1. Fitur ini masih belum tersedia di aplikasi desktop Windows 10 (web) dan Mac OS X. Meskipun ke depan, pihak WhatsApp masih mungkin menghadirkan dukungannya pada kedua platform desktop tersebut.

Seperti fitur voice call/chat saat pertama kali hadir, fitur video calling akan dihadirkan secara bertahap dalam beberapa hari ini. pada aplikasinya bergantung pada beberapa faktor (jenis OS, versi aplikasi, device, dan lain-lain).

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS