November 15, 2016

Alibaba Global Shopping Festival 11.11Bukukan Pendapatan USD 17,8 Miliar

Penulis: Desmal Andi
Alibaba Global Shopping Festival 11.11Bukukan Pendapatan USD 17,8 Miliar  

MOBITEKNO –  Dunia e-commerce semakin menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Hal itu dibuktikan dengan berbagai munculnya berbagai pelaku e-commerce baik di dunia maupun di Indonesia sendiri yang jumlahnya kian hari kian meningkat.

Fakta ini juga menunjukan bahwa pasar e-commerce semakin banyak diminati di era digital. Di Indonesia sendiri pasar e commerce perkembangannya semakin meningkat, terlebih dengan adanya target tarnsaksi e-commerce yang dicanangkan oleh pemerintah pada tahun 2020 yang mencapai 130 miliar dollar.

Di tingkat global perkembangan e-commerce bisa dilihat dari beberapa indikasi. Diantaranya adalah perkembangan hasil program  11.11 Global Shopping Festival, yang di indonesia sendiri disebut dengan program hari belanja online.

“Festival belanja 11.11 tahun ini adalah bayangan dari ritel masa depan, dimana hiburan, perdagangan dan keterlibatan interaktif bersatu,” kata Daniel Zhang, chief executive officer Alibaba Group dalam siaran pers yang diterima redaksi Mobitekno, Senin (14/11/2016 ). “Mulai dari pembukaan acara dan semua yang terjadi pada festival belanja yang berlangsung selama 24 jam, kami melihat keterlibatan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara konsumen dan pedagang. 11.11 memperlihatkan bagaimana ritel online dan offline akan berkolaborasi untuk memberikan pengalaman belanja yang baru bagi ratusan juta pengguna kami,” ujar Zhang menambahkan.

11.11 Global Shopping Festival yang merupakan festival belanja ikonik Alibaba, yang dimulai dari tahun 2009, sampai saat ini perkembangannya menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahun 2016 ini program tersebut berhasil membukukan Gross Merchandise Volume (GMV) sebesar USD 17,8 miliar.

Tags: , ,


COMMENTS