September 15, 2016

Ini Pentingnya Analitik bagi UKM yang ‘Eksis’ di Internet

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Pentingnya Analitik bagi UKM yang ‘Eksis’ di Internet  

MOBITEKNO – Pelaku bisnis sudah pasti ingin membaca pikiran, kemauan, atau perilaku setiap konsumennya. Tujuannya jelas, agar kepuasan yang berujung pada loyalitas pelanggan bisa terwujud. Tool atau software bagi para pelaku bisnis untuk menganalisis pelanggan tersebut sudah tersedia, termasuk untuk pada pelaku UKM.

Analitik bisa menjadi ‘intel’ cerdas bagi para pelaku UKM yang berbagai layanan online dan website-nya hadir di dunia maya. Dengan analitik, perilaku pengunjung website pun bisa dipolakan, seperti bagian website mana saja yang efektif dan tidak efektif dihadirkan. Dengan kata lain, pelaku UKM bisa lebih dapat mengantisipasi jika pelanggan kembali mengunjungi website mereka.

Untuk mengetahui pentingnya tool analitik (analytic tool) bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM), simak penjelasan Verisign mengenai berbagai manfaatnya tersebut.

Mengetahui Asal Muasal Traffic

Hal penting yang perlu diketahu adalah dari mana traffic website berasal. Dengan analitik dapat diketahui bagaimana seorang pengunjung bisa sampai ke sebuah website. Anda dapat mengidentifikasi seberapa banyak rujukan yang didapat dari search engine dan keyword (kata kunci) apa yang sering dipakai audience-nya untuk menemukan website.

Apabila keyword terbanyak digunakan tidak ada dalam sumber rujukan, Anda sebagai pelaku UKM perlu mencari cara yang lebih efektif untuk meningkatkan SEO yang difokuskan pada kata kunci tersebut.

Sumber trafik website juga bisa membantu memahami berapa banyak pengunjung yang berhasil dijangkau melalui newsletter, email, dan media sosial. Anda bisa mengetahui postingan atau email mana yang mendapat respon terbanyak dan kapan waktu paling efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda pun bisa mengetahui website mana saja yang terhubung dengan website Anda atau yang membicarakannya.

Mengetahui Apa yang Disukai dan Tidak Disukai dari Website

Hasil analitik selalu jujur alias tidak pernah bohong. Analitik tidak hanya bisa mengidentifikasi halaman terpopular dan seberapa lama website dikunjungi, tapi juga bisa mengidentifikasi halaman “exit” atau halaman terakhir yang dikunjungi sebelum pengunjung memutuskan untuk meninggalkan website.

Patut dipahami, semakin lama pelanggan menjelajah website, semakin besar peluangnya melakukan transaksi bisnis. Mengetahui halaman mana yang disukai bisa membantu peningkatan kualitas halaman di website. Itu artinya, pengunjung pun semakin betah berlama-lama mengakses website.

Analisis Konversi dengan Penjualan

Mengetahui perbandingan antara jumlah pengunjung dan penjualan bisa menjadi bahan evaluasi seberapa signifikan peran website Anda dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Meskipun tujuan utama website belum tentu untuk penjualan, misalnya hanya untuk mengajak pengunjung mengisi formulir atau survei, Anda pun bisa menentukan strategi pemasaran yang efektif dan produk yang cocok untuk pelanggan dengan melakukan analisis konversi dengan penjuaan yang diraih.

Tidak setiap halaman dapat dikonversi, tapi mengetahui halaman mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak, bisa menjadi salah satu faktor penentu, sukses tidaknya usaha.

Website yang efektif adalah yang mudah di-navigasi-kan, mengundang perhatian, intuitif, dan informatif. Membangun website dengan domain yang terpercaya seperti .com atau .net (atau.tv jika website didominasi konten video) merupakan cara efektif karena ekstensi domain ini sudah dikenal banyak orang dan mudah dibaca oleh SEO.

Langkah Awal Analisis Website

Anda bisa mulai memakai analytic tool yang berbiaya rendah atau gratis seperti Google Analytics. Melalui layanan ini, Anda bisa mendapatkan informasi berharga tentang banyak hal.

Misalnya saja mengenai seberapa banyak pengunjung website dalam periode tertentu, berapa banyak pengunjung mengklik link dalam website, berapa lama waktu yang mereka habiskan di website, dan lain-lain.

Anda pun bisa mendapatkan data mengenai sumber traffic, keyword yang paling banyak mendorong traffic, dan traffic mana yang banyak menghasilkan konversi penjualan. Seluruh informasi ini akan mendorong kepercayaan diri Anda dalam membangun strategi yang kuat untuk mengoptimasi konten website, kata kunci, dan lain sebagainya.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS