February 15, 2016

Apple akan Ganti Kabel USB Type-C yang Bermasalah pada Macbook

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Apple akan Ganti Kabel USB Type-C yang Bermasalah pada Macbook  

MOBITEKNO – Kabel USB Type-C (USB-C) yang memiliki ujung port anti-terbalik (reversible) memudahkan pengguna mencolok kabelnya ke perangkat yang mendukungnya tanpa takut harus terbalik.

Sayangnya seperti halnya teknologi lain yang baru diimplementasikan, kualitas dan standarisasi kabel USB Type-C masih sangat beragam, baik yang telah sesuai standar atau yang di bawah standar. Salah-salah memeilih kabel malah justru merusak perangkat yang dihubungkan dengan kabel tersebut.

Seorang staf Google, Benson Leung, pernah mempertanyakan rendahnya kualitas beberapa kabel USB Type-C yang dijual di toko online besar, seperti Amazon melalui laporan di akun Google+ miliknya.

Kini, Apple pun mengalami kasus yang berkaitan dengan kabel USB jenis baru ini. Apple baru saja mengumumkan program penggantian kabel USB Type-C (dengan kedua ujung port Type-C sama) pada semua pengguna MacBooks (Retina). Penggantian ini juga berlaku bagi pengguna Apple yang membeli kabel tersebut secara terpisah.

Menurut Apple, beberapa kabel USB Type-C untuk men-charging Macbooks yang dirilis sejak Juni tahun lalu mungkin cacat karena bermasalah pada desainnyaa. Oleh karena itu, pengguna akan mengalami masalah karena Macbook tidak dapat di-charging atau proses charging-nya bekerja tidak konsisten.

Apple pun akan menyediakan kabel USB Type-C dengan desain baru bagi pengguna Macbook yang berhak mendapatkannya, termasuk pengguna yang membelinya sebagai aksesori tambahan dari dealer resmi Apple. Informasi lebih jelasnya tersedia di website Apple

Pengguna yang menggunakan kabel resmi Apple (kabel dengan tulisan tanpa disertai kode khusus) yang bermasalah tersebut harus melakukan verifikasi nomor serial (serial number) produknya. Selanjutnya, Apple bisa melakukan konfirmasi kepada pengguna yang berhak mendapatkan kabel pengganti baru (dengan tambahan angka pada kabel).

 

Tags: , , , ,


COMMENTS