January 15, 2016

Siap-siap! Smartphone Samsung dengan Tizen OS Akan Meluncur di Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Siap-siap! Smartphone Samsung dengan Tizen OS Akan Meluncur di Indonesia  

MOBITEKNO – Tizen OS yang dikembangkan oleh Samsung terus berupaya mengejar ketertinggalan dari sistem operasi mobile lainnya, seperti Android, iOS dan Windows Phone. Hal ini dibuktikan oleh Samsung sendiri dengan memasarkan smartphone terbarunya berbasis Tizen OS, Samsung Z3 ke banyak negara.

Setelah sukses dipasarkan di Korea Selatan dan India, Samsung berencana untuk memasarkan Z3 ke Rusia, Indonesia dan beberapa negara di Eropa pada kuartal pertama di tahun ini. Di India sendiri, smartphone ini ditawarkan dengan harga yang cukup menarik, yakni hanya 8.399 Indian Rupees atau sekitar US$ 125.

Lalu, apa daya tarik Samsung Z3 selain dukungan Tizen OS sebagai sistem operasinya? Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone milik Samsung lainnya, Z3 juga dirancang dengan layar berukuran 5 inci yang mengusung teknologi Super AMOLED. Sayangnya, layar smartphone ini hanya memiliki resolusi HD atau 1280 x 720 piksel.

Untuk dapur pacunya, Samsung justru mempercayakan prosesor quad core dengan clock speed 1,3 GHz racikan Spreadtrum yang dipadukan RAM berkekuatan 1 GB. Ditujukan untuk pengguna pemula, internal storage yang disematkan juga terbilang tak besar, yakni hanya 8 GB yang dapat diperluas via microSD hingga 128 GB.

Untuk kebutuhan memotret, Samsung Z3 hanya dibekali kamera utama 8 MP dan sebuah LED flash light. Menariknya, kamera utama yang disematkan didukung fitur HDR. Sedangkan untuk kamera depan, Samsung hanya membekali Z3 dengan sensor berkekuatan 5 MP. Kapasitas baterainya pun terbilang kecil, yakni hanya 2.600 mAh.

 

Sumber: Digitimes

 

Tags: , , , ,


COMMENTS