January 15, 2016

Setelah Tupai, Mini Games CERI dari Qajoo Studio Mengajak Anak Bermain Bersama Kancil

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah Tupai, Mini Games CERI dari Qajoo Studio Mengajak Anak Bermain Bersama Kancil  

MOBITEKNO – Qajoo Studio, developer lokal aplikasi mobile dan game, resmi merilis satu lagi mini games terbaru CERI (Cerita Rakyat Indonesia) “Let’s Play bersama Kancil”. Mini games gratis untuk platform Android dan iOS ini menyediakan lima permainan variatif yang bisa membantu melatih daya ingat otak anak dan imajinasinya dalam menciptakan irama musik.

Game edukatif “Let’s Play bersama Kancil” dibuat berdasarkan buku cerita digital CERI serial Kancil dan Buaya yang pernah masuk dalam daftar Top 10 Paid Application di App store.

Selain serial ‘Kancil dan Buaya’, Qajoo Studio telah merilis empat aplikasi mobile buku digital CERI (Android dan iOS) lainnya, seperti ‘Bawang Putih dan Bawang Merah, ’Lutung Kasarung’, serta ‘Tupai dan Ikan Gabus’.

Game “Let’s Play bersama Kancil’ diharapkan bisa mengenalkan karakter ‘Kancil’ dari cerita rakyat Kancil dan Buaya bagi anak-anak yang terlahir di era digital saat ini.

Menurut Yessica Haryanto, Lead Designer Artist CERI, game ini juga membawa dampak positif lain bagi anak, yakni membantu anak-anak melatih kemampuan identifikasi dan imajinasi terhadap bentuk dan warna.

Seperti mini games CERI pertama, “Let’s Play bersama Tupai”, mini games CERI “Let’s Play bersama Kancil” juga menyediakan lima pilihan permainan edukatif dalam dua bahasa (Indonesia dan bahasa Inggris). Ditemani oleh tokoh utama yang cerdik, si Kancil, anak-anak akan diarahkan untuk menyelesaikan permainan ini. Ekspresi lucu dari karakter yang ada akan memanjakan mata si kecil selama bermain.

Anak-anak bisa memilih permainan mana yang paling disukai; (1) Menemani kancil pergi ke kebun timun, (2) Memberi makan Kancil dan Buaya, (3) Menebak karakter berdasarkan bayangan, (4) Membantu induk burung menemukan telurnya, dan (5) Mengenal nada dasar musik.

Selain kelima permainan tersebut, ada satu fitur menarik dari permainan ini dimana anak-anak dapat berimajinasi menciptakan irama musik mereka sendiri dengan nada dasar Do, Re, Mi, Fa dan Sol.

Musik termasuk dalam faktor positif yang penting dalam perkembangan otak anak di masa pertumbuhannya. Mini games CERI yang kedua ini didesain bisa melatih intuisi, imajinasi, serta kemampuan identifikasi si kecil dalam hal warna, bentuk, dan benda.

Mini games CERI “Let’s Play bersama Kancil” yang bisa langsung diunduh di Google Play Store dan Apple App Store, cocok dimainkan oleh anak-anak usia 4 – 7 tahun. Para orang tua yang tertarik dengan buku cerita digital CERI Kancil dan Buaya juga dapat langsung mengunduhnya di dalam permainan ini.

Walaupun didesain untuk anak-anak, para orang tua juga diharapkan tetap mengawasi putra-putrinya saat bermain. Selain mencegah si kecil mengakses informasi yang tidak diinginkan (di luar game) saat menggunakan smartphone atau tablet, momen menghabiskan waktu bersama anak-anak akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi si anak.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS