January 15, 2016

Lima Langkah Wajib Bagi Pengguna Awal Layanan Cloud

Penulis: Jeremy Andreas

Terdapat tiga bagian utama di setiap cloud deployment, antara lain cloud vendor, penyedia layanan jaringan, dan dunia usaha. Menyadari bahwa cloud harus ditangani seperti perpanjangan pusat data dunia usaha, maka ada dua pertanyaan esensial yang perlu dijawab, yaitu: apakah layanan dan kebijakan keamanan standar bisa diterapkan pada ketiga bagian cloud tadi? Apa saja celah keamanananya?

Berkaitan dengan pemilihan vendor, tanyakan kepada cloud vendor mengenai layanan keamanan yang disediakan dan vendor keamanan yang diajak bekerjasama. Cloud adalah lingkungan yang dinamis yang membutuhkan proses update reguler pada arsitektur keamanannya sehingga sesuai dengan perkembangan dunia sekuriti terkini. Bagaimanakah cloud vendor bisa mengatasi ekploitasi keamanan baru serta memastikan kekokohan sistem keamanannya sepanjang tahun?

Cari tahu mengenai batas-batas dalam model keamanan bersama yang datang dengan layanan cloud. Pahami jangkauan tanggung jawab penyedia cloud – serta tanggung jawab Anda. Pada beberapa layanan cloud, seperti IaaS, tanggung jawab untuk mengamankan aplikasi dan data yang berada di cloud berada di tangan dunia usaha.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja perangkat keamanan dan apa saja yang ditawarkan/disediakan oleh vendor penyedia cloud kepada dunia usaha guna mempersiapkan cloud.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS