January 15, 2016

Lima Langkah Wajib Bagi Pengguna Awal Layanan Cloud

Penulis: Jeremy Andreas
Lima Langkah Wajib Bagi Pengguna Awal Layanan Cloud  

MOBITEKNO – Apakah kesamaan antara Apple, Amazon, dan Microsoft? Jawabannya adalah ketiganya merupakan perusahaan TI besar yang selama ini dianggap menyediakan layanan cloud computing berstandar terbaik ternyata masih rentan menjadi korban peretasan (hacking) yang memalukan oleh para hacker.

Apple mengami insiden sekuriti “celebgate” pada layanan cloud storage dan computing-nya, iCloud. Pengguna iCloud yang juga datang dari kalangan selebriti menjadi sasaran empuk hacker karena foto-foto pribadi mereka tersebar luas tanpa seizin pemiliknya.

Peretasan yang juga menarik perhatian banyak pihak adalah peretasan yang terjadi di perusahaan penyedia platform code-hosting dan software kolaborasi Code Spaces. Perusahaan yang berbasis di Inggris ini bahkan terpaksa menutup bisnisnya tahun lalu karena hacker mencoba memeras perusahaan tersebut. Code Spaces terpaksa harus menghapus data pentingnay dari layanan cloud Web Amazon (AWS) yang berada di penyimpanan cloud-nya.

Raksasa software Microsoft pun tidak lepas dari aksi peretasan. Pada tahun 2013, SSL certificate di layanan cloud Azure milik Microsoft yang telah kadaluarsa memberi peluang bagi para hacker untuk melumpuhkan layanan Xbox Live dan sejumlah layanan lain yang berada di cloud.

Menurut Alert Logic, firma keamanan cloud, risiko keamanan cloud terus meningkat per tahunnya sebesar 45% (year-on-year) di seluruh dunia. Sedangkan menurut Forrester Research, dunia bisnis akan menghabiskan dana sebesar US$ 2 miliar untuk meningkatkan pertahanan cloud mereka dalam lima tahun mendatang.

Pengguna yang baru pertama kali menggunakan cloud (newbie) menjadi kalangan dengan risiko terbesar karena di satu sisi belum terbiasa dengan lingkungan baru tapi di sisi lainnya diharapkan bisa memahami cara baru untuk mengelola pengguna (user), data, dan keamanan.

Agar pengguna pemula tersebut tidak salah langkah memasuki dunia cloud, Jeremy Andreas, Country Manager Fortinet Indonesia, memberi lima rekomendasi langkah keamanan yang perlu diperhatikan pengguna sebelum menggunakan layanan cloud.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS