January 15, 2016

Intel dan Ars Electronica Cetak Rekor Dunia untuk Terbangkan 100 Drone Secara Simultan

Penulis: Desmal Andi
Intel dan Ars Electronica Cetak Rekor Dunia untuk Terbangkan 100 Drone Secara Simultan  

MOBITEKNO – Bagaimana jika 100 Unmanned Aerial Vehicles (UAV) terbang secara simultan dan menampilkan cahaya-cahaya indah menyesuaikan alunan musik dari sebuah orkestra? Tentu saja menjadi sebuah tontonan yang menarik bagi yang melihatnya. Inilah yang dilakukan Intel bersama orkestra dari Austria Ars Electronica yang dilakukan di sebuah lapangan terbang.

Paduan musik, cahaya dari UAV, dan berbagai gerakan di angkasa diperlihatkan oleh Intel dan Ars Electronica untuk membuat rekor penerbangan drone secara simultan yang dicatat oleh Guiness World Records. Aksi ini se benarnya dilakukan pada tahun lalu di sebuah lapangan terbang dekat kota hamburg, Jerman. Namun, Intel menunjukkan video ini pada gelaran CES 2016 kemarin.

Aksi yang mengagumkan ini menyinkronkan alunan musik dari Beethoven’s Fifth Symphony yang dibawakan Ars Electronica dengan gerakan dan cahaya dari lampu LED di setiap drone. Masing-masing drone membawa LED dengan berat total setiap drone sekitar 700 gram. Melalui gerakan-gerakan yang menarik, gerakan drone menari di angkasa dan akhirnya membentuk logo Intel I akhir video.

Aksi spektakuler ini dipantau oleh juri dan akhirnya setelah diverifikasi, aksi tersebut tercatat sebagai Most Unmanned Aerial Vehicles (UAV) Airborne Simultaneously di Guiness World Records. Aksi ini sekaligus menunjukkan bahwa teknologi drone dapat membuka potensi teknologi autonomous di berbagai hal, termasuk dunia konstruksi, pertahanan, hingga perawatan kota.

Sumber: gizmag

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS