January 15, 2016

Bagi Bosch, Teknologi Masa Depan Harus Memanfaatkan Internet of Things

Penulis: Desmal Andi
Bagi Bosch, Teknologi Masa Depan Harus Memanfaatkan Internet of Things  

MOBITEKNO – Komunikasi menjadi sesuatu yang penting di era modern saat ini dan yang akan datang. Di gelaran Consumer Electronics Show 2016 kemarin, banyak perusahaan yang menampilkan teknologi yang saling terhubung antara satu dengan lainnya. Salah satunya adalah Bosch. Perusahaan yang sudah lama bermain di industri otomotif ini tidak seperti perusahaan otomotif lainnya yang membangun teknologi komunikasi antara kendaraan dengan perangkat mobile device, tetapi lebih luas lagi yaitu rumah.

Inovasi untuk rumah, kota, mobil, serta tempat kerja menjadi hal yang penting di masa depan. Oleh sebab itu, dengan teknologi yang dibangun Bosch bertajuk “Invented for Life”, Bosch ingin mengedepankan konektivitas melalui Internet of Things.

“Tujuan kami adalah menyediakan solusi yang lebih aman, nyaman, dan efisien untuk energi, mobilitas, industri, serta rumah pintar. Kami ingin meningkatkan kualitas hidup banyak orang menjadi lebih baik dan mudah, kuncinya adalah konektivitas,” ujar Dr. Volkmar Denner, CEO Bosch yang bertindak sebagai pembicara pada gelaran CES 2016 di las Vegas, minggu lalu.

Untuk inovasi yang dikeluarkan Bosch, mereka menggunaan slogan “Simply.Connected” untuk menekankan pendekatan kepada CES, dimana Bosch menghadirkan beragam solusi untuk rumah pintar, mobil pintar, mobilitas terkoneksi, serta Industri 4.0.

Salah satu yang ditampilkan Bosch dalam teknologi konektivitas ini adalah di dunia otomotif. Bahkan, di area otomotif ini, Bosch adalah penyedia pertama di dunia untuk sistem Retrofit eCall. Sistem notifikasi darurat otomatis eCall ini diluncurkan pada tahun 2012 dan sudah semakin populer digunakan di berbagai mobil pintar. Sebelumnya hanya sebagai perlengkapan standar bagi mobil-mobil premium.Sistem ini bisa mendeteksi tabrakan dan mengirim informasinya ke pusat layanan terdekat. Dengan demikian pusat pelayanan dapat mengetahui tingkat keparahan akibat kecelakaan.

Tidak hanya berputar di otomotif, Bosch meluaskan lagi inovasinya ke rumah pintar. Teknologi yang dikembangkan Bosch dalam rumah pintar ini bahkan bisa mendeteksi hal-hal penting di dalam rumah, seperti apakah kompor sudah dimatikan, apakah masih tersedia makanan di lemari pendingin, hingga mengetahui apakah jendela sudah ditutup atau belum. Semua bisa terpantau dari satu device yang bersifat mobile dan bahkan bisa diintegrasikan ke sebuah mobil pintar. Teknologi ini juga dapat membantu keamanan ruah dari bahaya kecurian atau pembobolan.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS