December 14, 2016

Google: Tahun lalu ‘Batu Akik’, Kini Giliran ‘Pokemon Go’ Jadi Topik Terpopuler 2016

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Google: Tahun lalu ‘Batu Akik’, Kini Giliran ‘Pokemon Go’ Jadi Topik Terpopuler 2016  

MOBITEKNO – Seperti ritual tahun-tahun sebelumnya di penghujung bulan Desember, raksasa teknologi Google kembali mempublikasikan daftar 10 besar (Top 10) penelusuran atau pencarian terpopuler terkait tokoh, topik, peristiwa, dan hal lainnya yang dilakukan warga Internet (netizen) di dunia, termasuk Indonesia.

Agenda tahunan Google kali ini merupakan hasil analisis data yang dirangkum dari triliunan pencarian global selama satu tahun. Adapun daftar Top 10 yang termuat dalam ‘Google Year in Search 2016’ untuk Indonesia merupakan ‘rekapitulasi’ dari semua perintah query netizen Indonesia (via perangkat desktop/mobile) selama setahun menggunakan layanan search engine Google Search yang telah eksis selama hampir dua dekade (19 tahun).

""

Pada acara khusus yang digelar di The Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta (14/12/2016), Google Indonesia yang diwakili oleh Tony Keusgen, Country Director Google Indonesia, dan Putri Silalahi, Communication Leads Google Indonesia, menjelaskan secara umum perbedaan daftar ‘Google Trends’ tahun 2016 dibandingkan tahun lalu.

Menurut Google, berbeda dengan tahun lalu, daftar ‘Google Year in Search 2016’ di Indonesia kini lebih beragam jika dilihat dari isu/topik lokal atau internasional. Di samping kategori ‘Penulusuran Terpopuler’, daftar Top 10 di kategori lainnya, seperti ‘Selebiriti’, ‘Atlet’, dan ‘Lagu’ merupakan 'gado-gado' antara lokal dan internasional.

Misalnya pada kategori ‘Penulusuran Terpopuler’, selain ada aroma lokal, seperti ‘Gerhana Matahari’, ‘Timnas Indonesia’, dan ‘Gempa Aceh’, terdapat juga aroma global, seperti ‘Pokémon GO’ yang menjadi pencarian nomor satu di Indonesia, diikuti oleh ‘Donald Trump’.

""

Putri Silalahi, Communication Leads Google Indonesia (kiri) dan Tony Keusgen, Country Director Google Indonesia (kanan) saat sesi tanya jawab dengan media di acara yang digelar di  The Gunawarman, Jakarta (14/12/2016).

Apabila ‘Batu Akik’, ‘GO-JEK’, dan ‘Kue Cubit’ adalah 3 dari 10 topik paling populer 2015 untuk kategori ‘Penulusuran Terpopuler’ yang dicari (di-search) oleh para Netizen Indonesia, kini giliran topik ‘Pokemon GO’, ‘Gerhana Matahari’, dan ‘Timnas Indonesia’ yang jadi topik yang paling dicari informasinya sepanjang tahun 2016.

Selain daftar Top 10 untuk 16 kategori,  Google juga mengungkap hal menarik dari analisisnya terhadap rekap ‘Year in Search 2016’ di Indonesia. Salah satunya adalah keyword (kata kunci) ‘dekat sini’ dan ‘dekat saya’ yang dianggapnya populer digunakan netizen Indonesia saat melakukan query di Google Search sepanjang tahun 2016 ini.

Tony menyatakan bahwa banyak orang Indonesia misalnya sering melakukan query di 'Google Search', terkait 'tempat makan/restoran yang masih buka dekat sini' dan ‘salon terdekat' atau 'salon dekat sini'.

Berkaitan tren tersebut di atas, Putri Silalahi dalam penjelasan singkatnya juga mengungkapkan bagaimana Google akan selalu mendekatkan berbagai layanan mereka (Search, YouTube, Gmail, dan lain-lain) agar semakin lengkap dan mudah diakses berbagai lapisan masyarakat Indonesia.

Salah satu contohnya disebut Putri adalah program mereka, Google Bisnisku, yang menyediakan fasiltias bagi para pebisnis, besar, kecil dan menengah (UKM) untuk bisa eksis di layanan ‘Search’, ‘Maps’, dan ‘Google+’.

""

Rasa nasionalisme yang besar di kalangan netizen juga dirasakan dan terlihat dari masuknya topik ‘Timnas Indonesia’ di urutan ke-3, ‘Rio Haryanto’ di urutan ke-8, dan 'Joey Alexander' di urutan ke-10 untuk kategori ‘Penelusuran Terpopuler’.

Topik 'Jessica Kumala Wongso' yang ada pada peringkat ke-9 untuk kategori ‘Penulusuran Terpopuler’ juga menarik perhatian warga Internet, khususnya para netizen yang menggunakan perangkat mobile. Keinginan untuk mengetahui jalannya persidangan kasus pembunuhan 'Kopi Maut' Wayan Mirna Salihin dari waktu ke waktu (setiap saat) menjadi alasan populernya perangkat mobile (smartphone/tabet, dll) dipakai untuk melakukan penelusuran via Google Search.

Dua topik, yaitu ‘Pokémon Go’ di urutan pertama dan ‘Donald Trump’ di urutan ke-5 untuk kategori ‘Penulusuran Terpopuler’ menunjukkan kepopuleran kedua topik tersebut bukan populer di skala global tapi juga hangat dibicarakan di Tanah Air.

Daftar penelusuran (search) ‘Google Year in Search 2016’ di Indonesia dan global (mencakup 70 negara) bisa dibaca secara lengkap di alamat (URL) google.co.id/2016.

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS