August 14, 2016

Goodyear Hadirkan 2 Ban Konsep di Ajang GIIAS 2016

Penulis: Karyo
Goodyear Hadirkan 2 Ban Konsep di Ajang GIIAS 2016  

MOBITEKNO – Biasanya pada kesempatan ajang pameran otomotif, para produsen menampilkan mobil unggulannya berupa mobil konsep. Kali ini tidak hanya mobil konsep yang dihadirkan dalam ajang bergengsi pameran otomotif ini. Goodyear, sebagai produsen ban terkemuka, kembali memperlihatkan terobosan teknologi terkininya dengan menghadirkan 2 varian ban konsep yang diberi nama Triple Tube dan BH03.

Dua ban konsep ini diperuntukan untuk mobil bertenaga listrik. Secara teknologi dua ban ini dipersiapkan untuk menjawab tantangan kebutuhan ban di masa depan yang sarat dengan sentuhan teknologi. BH03 ini merupakan ban khusus mobil listrik. “Goodyear sudah melihat bahwa ke depannya mobil listrik tidak hanya berbentuk mobil-mobil kecil tapi juga SUV. Maka dari itu bentuk bannya besar seperti ini,” ujar Arfianti Puspitarini, Consumer Product dan Trade Marketing Manager Goodyear Indonesia.

Teknologi  BH03 ini mampu menyimpan energi panas yang diakibatan karena gesekan ban dengan jalan  yang dapat dikonversi menjadi listrik. Energi listrik tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu isi ulang baterai di mobil listrik tersebut  dan bisa dilakukan tanpa harus dalam keadaan mobil berhenti.

Sementara itu, ban konsep Triple Tube merupakan ban yang memiliki tiga buah lapisan ban di dalam sebuah ban. Masing-masing lapisan tersebut memiliki fungsi berbeda. Ban dalam pertama berada di sisi luar, dinamakan eco tube. Lapisan ini berguna untuk mengatur tekanan angin agar selalu ideal. Sementara lapisan tengah disebut safe tube yang  berfungsi untuk meningkatkan keamanan ketika berkendara. Lapisan dalam ketiga terdapat sport tube. Lapisan ban dalam ini berfungsi untuk membuat handling kendaraan lebih nyaman dan menyenangkan. Triple Tube ini menggunakan teknologi sensor yang dapat mengatur tekanan dalam ban sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

Tags: , , , , ,


COMMENTS