January 14, 2016

Review Lenovo A6010: 4G Terjangkau dengan Prosesor Snapdragon

Penulis: Desmal Andi
Review Lenovo A6010: 4G Terjangkau dengan Prosesor Snapdragon  

MOBITEKNO – Lenovo A6010 hadir di Indonesia pada pertengahan November 2015 lalu. Smartphone yang sudah dirakit di Indonesia ini juga dijual dengan harga terjangkau. Berbeda dengan seri lenovo A2010 yang sama-sama dirakit lokal, Lenovo A6010 memiliki spesifikasi lebih tinggi. Bahkan, smartphone ini menggunakan prosesor dari Qualcomm Snapdragon 410 Quad-Core 1.2 GHz.

Lenovo A6010 hadir dengan kemampuan 4G LTE sehingga sudah dapat digunakan untuk koneksi Internet yang cepat. Dengan RAM 2 GB tentu saja, Lenovo A6010 cukup lega digunakan untuk berbagai aplikasi Android.

Lenovo A6010 hadir untuk meneruskan generasi A6000 yang cukup sukses di pasar Indonesia. Dengan kemampuan yang cukup tinggi, Lenovo berharap masyarakat Indonesia bisa menggunakan smartphone ini untuk mencoba koneksi 4G yang penyebarannya sudah cukup rata di kota-kota besar, terutama Jakarta.

Namun, bagaimana kinerja dan fitur yang ditawarkan dari smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 2 juta? Silakan simak hasil review Lenovo A6010 dari Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Saat menerima paket Lenovo A6010, Mobitekno langsung membukanya dan mengeluarkan semua bagian yang ada di dalam boks. Selain smartphone berukuran layar 5 inci, konsumen juga mendapatkan kabel data yang juga berfungsi sebagai kabel charger berikut adaptornya.

Kotak kemasannhya yang berwarna biru muda cuku nyaman dilihat mata. Pengemasan smartphone dan berbagai kelengkapannya cukup kompak dan padat. Lebih lengkapnya aa saja yang disediakan Lenovo A60110 bisa dilihat berikut ini.

1. Unit smartphone berukuran layar 5 inci.

2. Kabel data berwarna putih yang berfungsi juga sebagai kabel charger.

3. Baterai berkapasitas 2300 mAh.

4. Buku petunjuk dan garansi berukuran kecil.

5. Adaptor untuk mengonversikan listrik AC ke DC.

 

Desain

Smartphone Lenovo A6010 hadir dalam tiga pilihan warna menarik, yaitu pearl White, onyx Black, dan Carmine Red. Bodi smartphone ini memiliki desain kotak dengan sedikit lengkungan di setiap sudutnya. Bodinya ini memiliki dimensi 141 x 70 x 8,4 mm.

Bobotnya cukup ringan, hanya sekitar 128 gram. Bentang layarnya yang berukuran 5 inci masih menyisakan ruang di atas dan bawahnya sekitar1 cm untuk penempatan kamera depan dan tiga tombol menu Android. Sisi kanan dan kirinya juga menyisakan ruang sangat sedikit sehingga tetap nyaman dipegang walaupun dengan satu tangan.

Menilik bagian depan smartphone, di samping kamera depan, terdapat speaker kecil untuk bertelepon. Di dalamnya juga terdapat LED kecil sebagai penanda status atau notifikasi yang ada di Lenovo A6010. Layarnya sudah dilengkapi teknologi IPS dengan kemampuan HD.

Sisi Kanan

Di bagian samping kanan, dua tombol utama, yaitu volume dan power diletakkan sedemikian rupa sehingga mampu dijangkau oleh satu jari tangan. Sementara di sisi kiri, sama sekali polos. Port micro USB dan audio diletakkan di atas.

Untuk bagian belakang, kamera utama ada di sisi kiri atas dengan bentuk bulat dengan frame kecil berwarna perak. DI bawahnya terdapat lampu LED untuk kebutuhan flash. Sementara di bagian bawah, terlihat speaker beremampuan Dolby Atmos yang diletakkan simetris.

Karena Lenovo tidak menganut unibody, tutup belakang bisa dibuka untuk mengakses ke bagian baterai. Dua port micro SIM card terletak di atas baterai mengapit port Micro SD yang sanggup menampung hingga kapasitas 32 GB.

Dengan desain seperti itu, Lenovo 6010 cukup nyaman diletakkan baik di saku celana maupun di saku kemeja. Bahkan dengan bahan polycarbonat untuk cover belakang, smartphone ini tidak terlalu licin untuk dipegang. Hal ini dibantu karena desain smartphone yang kotak sehingga smartphone tidak mudah lepas di tangan.

Fitur & Performa

Selain berkemampuan 4G LTE, Lenovo A6010 juga sudah mengadopsi sistem operasi 5.1 Android Lollipop sehingga kompatibel dengan berbagai aplikasi terbaru yang ada di Google Playstore.. Layarnya cukup cukup jernih dalam menampilkan berbagai warna, walaupun belum dilengkapi lapisan anti scratch.

Untuk menampilkan audio, sama seperti versi A6000 Plus, Lenovo A6010 sudah dilengkapi dengan fitur Dolby Atmos. Pengaturan suara menjadi lebih mudah untuk menghasilkan suara yangberkualitas, terutama saat dihubungkan dengan speaker eksternal atau headphone.

Kamera belakangnya yang berkemampuan 13 MP dapat menangkap gambar dengan baik jika dalam kondisi cahaya yang mendukung. Hanya ada tiga tool untuk kamera di Lenovo A6010, yaitu Normal, Panorama, dan Effects. Sementara kamera belakangnya yang berkemampuan 5 MP juga cukup cerah dalam menangkap objek, termasuk saat digunakan untuk selfie. Hanya sedikit artefak yang terlihat saat foto di-zoom. Namun, hasilnya berbeda saat digunakan pada cahaya yang kurang.

Selain kamera, Lenovo A6010 juga sudah dilengkapi banyak aplikasi, mulai untuk kebutuhan office hingga tools. Ini tampaknya salah satu penambahan konten lokal yang harus masuk ke dalam smartphone 4G, sesuai dengan regulasi dari pemerintah.

 

Performa

Berikut adalah hasil pengujian dari beberapa aplikasi benchmark

Antutu:

 

Geekbench 3

 

PCMark

PCMark

Spesifikasi

Lenovo A6010 sudah siap digunakan untuk koneksi Internet yang cepat. Namun, tanpa bantuan hardware yang optimal, tentunya smartphone tidak bisa menjalankan beberapa aplikasi secara sempurna. Berikut spesifikasi yang terdapat di Lenovo A6010.

 

Ukuran layar 5 inci
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 Quad core 1,2 GHz
GPU Adreno 306
Kamera 13 MP (belakang) autofocus, 5 MP (depan)
RAM 2 GB
Storage 16 GB internal dan Micro SD up to 32 GB
Jaringan GSM/HSPA/4G LTE
Kartu SIM Dual microSIM Card
Komunikasi dan fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot, Bluetooth 4.0, GPS, Micro USB, Dolby Atmos
Baterai  2.300 mAh

 

Kesimpulan

Smartphone Lenovo A6010 hadir untuk memenuhi pasar 4G LTE di Indonesia. Smartphone yang diproduksi lokal ini juga dibekali dengan hardware dan prosesor yang memiliki kinerja bagus, walaupun dijual dengan harga terjangkau, yaitu Rp 2.099.000. Penerus seri Lenovo A6000 dan Lenovo A6000 Plus ini juga hadir berbeda dengan terintegrasinya prosesor Qualcomm Snapdragon di dalamnya, bukan dari Mediatek lagi.

Untuk kinerjanya, karena sudah memiliki memori 2 GB RAM, Lenovo A6010 cukup lancar digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi, termasuk aplikasi-aplikasi berbasis sosial media. Hasil kameranya juga cukup bagus, terutama saat digunakan di kondisi cahaya yang mendukung objek. Hal yang sama juga berlaku untuk kamera depan. Untuk selfie, walaupun tanpa fitur beautification, wajah sudah terlihat cerah.

Baterainya yang berkapasitas 2.300 mAh sudah dapat mendukung aktivitas penggunanya selama kurang lebih 10 jam dalam kondisi penggunaan normal. Untuk memutar file multimedia, baik video dan audio, berkat adanya fitur Dolby Atmos, Lenovo A6010 dapat menghasilkan suara yang lebih detail dibandingkan smartphone lain dari kelas harga yang sama. Efek Dolby Atmos ini akan terasa lebih baik, saat menggunakan headphone atau speaker eksternal.

Untuk Anda yang ingin menggunakan koneksi 4G di Indonesia,  Lenovo A6010 sudah mampu memenuhi keinginan Anda karena salah satu slot micro SIMnya sudah mendukung 4G. Sementara slot kedua bisa digunakan untuk provider lainnya yang non 4G. Salah satu halmenarik lainnya adalah dukungan micro SD untuk menambah kapasitas storage internal.

Tags: , , , ,


COMMENTS