December 13, 2016

Menuju Teknologi 5G, Telkomsel Implementasi 4,5G di 9 Kota

Penulis: Eko Lannueardy
Menuju Teknologi 5G, Telkomsel Implementasi 4,5G di 9 Kota  

MOBITEKNO – Sajikan teknologi dan jaringan yang handal terus digulirkan oleh Telkomsel. Menggandeng Ericsson, Huawei, Nokia, dan ZTE sebagai mitra penyedia teknologi dan jaringan, Telkomsel belum lama ini telah mengimplementasikan teknologi 4,5G di sembilan kota di Indonesia. 

Kini, pelanggan dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan mobile broadband dengan teknologi terkini di 11 GraPARI yang ada di Medan, Jakarta, Bandung, Denpasar, Mataram, Pontianak, Makassar, Manado, dan Ambon.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan, "Penerapan teknologi 4,5G kali ini dan uji coba teknologi seluler 1 Gbps yang kami lakukan baru-baru ini merupakan tahapan menuju diimplementasikannya teknologi 5G di Indonesia."

Ditambahkan oleh Sukardi, hadirnya teknologi 4,5G di pusat pelayanan pelanggan mempertegas komitmen Telkomsel untuk senantiasa menjadi yang terdepan dalam penerapan roadmap teknologi mobile broadband terkini.

Teknologi 4,5G yang diimplementasikan Telkomsel memanfaatkan teknologi Long Term Evolution (LTE) di spektrum frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz yang dikombinasikan dengan teknologi 4X4 MIMO. 

Di 11 GraPARI yang telah dilengkapi teknologi 4,5G, Telkomsel juga menyediakan experience booth yang dilengkapi dengan customer-premises equipment (CPE) berupa perangkat yang sudah mendukung teknologi 4,5G dan televisi LCD. 

Tak hanya bisa langsung merasakan teknologi 4,5G dari perangkat yang ada, pelanggan juga bisa tethering dengan cara menghubungkan perangkat yang dimiliki pelanggan dengan jaringan 4,5G dengan memanfaatkan akses WiFi.   

Sukardi lebih lanjut menjelaskan bahwa komitmen Telkomsel dalam menyediakan jaringan broadband yang handal juga dapat dilihat dari digelarnya lebih dari 5.200 eNode B (BTS 4G) yang melayani lebih dari 12 juta pelanggan 4G LTE di lebih dari 180 kota kabupaten di Indonesia hingga saat ini.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS