November 13, 2016

Agar Lebih Aman Saat Daftar Nomor Ponsel, WhatsApp Terapkan Verifikasi Dua Tahap

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Agar Lebih Aman Saat Daftar Nomor Ponsel, WhatsApp Terapkan Verifikasi Dua Tahap  

MOBITEKNO – WhatsApp diketahui sudah menguji fungsi verifikasi dua tahap (2-factor authentication) beberapa bulan lalu. Namun, fungsi ini baru diterapkan pada aplikasi WhatsApp versi beta terbaru (WhatsApp 2.16.341 atau lebih baru).

Fungsi ‘Two-step verification’ terbaru ini bisa dijumpai pada menu ‘Settings | Account’ di WhatsApp. Di sana, pengguna akan diberi pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ‘Two-step verification’ tersebtu.

Apabila opsi tersebut diaktifkan, pengguna diharuskan memasukkan kode (passcode) sebanyak 6 digit. Dengan passcode ini, pengguna akan selalu diminta mengisi 6 angka setiap kali ingin mendaftarkan nomor ponsel (SIM card) baru pada WhatsApp. Penguna juga akan diminta memasukkan alamat e-mail yang diperlukan untuk me-reset passcode seandainya pengguna lupa 6 digit passcode-nya.

Setelah konfirmasi, verifikasi dua tahap akan aktif pada nomor ponsel yang digunakan. Dengan demikian, tidak ada yang dapat mengaktifkan WhatsApp dengan nomor ponsek yang sama, kecuali mereka mengetahui passcode atau bisa mengakses akun e-mail (untuk melakukan reset).

Berikut ini tahapan untuk mengaktifkan verifikasi dua tahap di WhatsApp.

""

""

""

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS