October 13, 2016

Toyota Eco Youth ke-10, Makin Banyak Generasi Muda CInta Lingkungan Hidup

Penulis: Desmal Andi
Toyota Eco Youth ke-10, Makin Banyak Generasi Muda CInta Lingkungan Hidup  

MOBITEKNO – Semangat peduli lingkungan di kalangan pelajar, khususnya SLTA dan SMK semakin meningkat. Hal ini terbukti dari masuknya 2.543 proposal proyek lingkungan hidup dalam Toyota Eco Youth ke-10, kompetisi lingkungan hidup tingkat Sekolah Lanjutan Atas. Jumlah proposal yang masuk ini diluar perkiraan pihak Toyota. Oleh sebab itu, PT Toyota-Astra Motor sangat yakin program ini semakin menginspirasi masyarakat dan pelajar untuk lebih peduli lingkungan.

Kompetisi yang digelar sejak tahun 2005 oleh PT TAM ini sudah berhasil mengumpulkan 5.000 proposal dan melibatkan total 1.400 sekolah di seluruh wilayah Indonesia. Pada gelaran yang ke-10 ini, jumlah proposal meningkat tajam, naik 41% dibandingkan tahun 2015 yang hanya mengumpulkan 1.709 proposal lingkungan hidup.

“Kami bersyukur sejak awal penyelenggaraan hingga saat ini para siswa dari sekolah-sekolah di seluruh Indonesia  mampu memperlihatkan antusias yang tinggi terhadap Toyota Eco Youth,” ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM. “TEY merupakan salah satu program CSR Toyota Indonesia bagi siswa SMA/SMK sederajat yang bertujuan untuk menjadikan mereka sebagai agent of change demi memperbaiki kualitas lingkungan dan pengembangan ide-ide pelestarian hifup,” tambah Henry.

Rangkaian pogram TEY ke-10 ini sudah dimulai sejak Maret 2016 lalu dan saat ini sudah terpilih 25 finalis terbaik yang terdiri dari 15 proposal terbaik untuk kategori Science yang berkaitan dengan proyek ilmiah serta 10 proposal terbaik untuk kategori Social Movement yang berkaitan dengan gerakan sosial bagi lingkungan. Dari seluruh sekolah finalis tersebut, SMA Negeri 2 Semarang, Jawa Tengah, merupakan satu-satunya sekolah yang kedua proposal proyeknya baik untuk kategori science dan sosial, berhasil lolos menjadi finalis.

Setelah terpilih 25 finalis, rangkian kegiatan TEY berikutnya adalah meninjau proyek-proyek TEY yang dikembangkan para siswa. Aktivitas ini dimulai dengan mengunjungi 3 finalis dari Jawa Tengah, yaitu 2 proyek dari SMAN 2 Semarang dan 1 proyek dari SMAN 1 Blora.

Tags: , , , ,


COMMENTS