September 13, 2016

Review Lenovo Vibe C A2020: Layar Lebih Besar untuk Pengguna Baru 4G LTE

Penulis: Desmal Andi
Review Lenovo Vibe C A2020: Layar Lebih Besar untuk Pengguna Baru 4G LTE  

MOBITEKNO – Lenovo sebagai salah satu perusahaan pembuat smartphone memiliki banyak varian untuk berbagai segmen. Lenovo Vibe C salah satunya. Smartphone ini ada di kelas Low Segment sehingga lebih cocok digunakan untuk pengguna yang ingin beralih dari jaringan 3G ke 4G.

Sesuai dengan namanya, Lenovo VIBE C A2020 ini merupakan penerus dari generasi A2010 yang juga didesain untuk konsumen yang ingin merasakan koneksi 4G. Karena ditujukan untuk kelas Low End, smartphone yang hadir di Indonesia pada pertengahan bulan puasa 2016 kemarin ini memiliki fitur yang tidak terlalu banyak. Namun, untuk kapasitas memori yang sudah disediakan sebesar 16 GB masih bisa diluaskan lagi berkat adanya slot micro SD.

Dengan bentang layar 5 inci, Lenovo VIBE C sudah memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk menikmati berbagai konten dengan layar yang cukup lebar. Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan Lenovo VIBE C ini di halaman selanjutnya.

Kelengkapan

Lenovo VIBE C hadir dengan kemasan yang ringkas dan padat. Kotak berwarna putih tidak hanya berisikan unit smartphone, tetapi juga berbagai perlengkapan pendukungnya. Dengan kemasan seperti ini, konsumen bisa membawanya dengan mudah.

Untuk lebih detailnya, berikut ini kelengkapan yang ada di dalam boks Lenovo VIBE C

  1. Unit smartphone Lenovo VIBE C
  2. Baterai Li-Ion Polymer berkapasitas 2.300 mAh
  3. Kabel Micro USB berwarna putih
  4. Adapter AC to DC
  5. Earphone berwarna putih
  6. Buku petunjuk dan garansi dari TAM

 

Desain

Dari sisi desain, tidak banyak perubahan desain yang terjadi pada Lenovo VIBE C A2020 dibandingkan dengan seri A2010 sebelumnya. Hanya saja, kini A2020 memiliki bentang layar 5 inci. Sementara A2010 masih menggunakan layar 4,5 inci.

Di sisi depan, layar berukuran 5 inci masih memiliki sedikit frame di sisi kanan dan kirinya, Sementara bagian atas bawahnya juga tersisa sekitar 1 cm untuk area kamera depan (atas) dan tombol home (bawah). Layarnya beresolusi 480 x 854 pixel IPS tanpa tambahan proteksi Gorilla Glass. Oleh sebab itu, ada baiknya gunakan pelindung tambahan seperti tempered glass atau screen protector untuk melindungi layar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Sudut-sudutnya dibuat sedikit melengkung sehingga terlihat lebih stylish dan nyaman untuk digenggam. Di sisi kanannya terdapat tombol power dan volume. Sementara port audio dan micro USB untuk proses charge dan transfer data ada di bagian atas. Dengan demikian praktis di sisi kiri dan bagian bawah di desain polos karena tidak ada port, tombol, atau fungsi lainnya. Hanya lubang mikrofon kecil terlihat di bagian bawah smartphone.

Beralih ke bagian belakang. Smartphone ini menggunakan back cover yang bisa dilepas-pasang untuk memasukkan kartu SIM, micro SD, dan baterai. Kamera utama ada di sudut kiri atas, berdampingan dengan LED flash untuk bantuan cahaya. Di bagian bawah terdapat speaker dengan desain kotak yang rapi.

Jika kita lepas cover belakangnya, terlihat dua slot kartu SIM dan Micro SD di bagian atas baterai. Untuk memasukkan kartu dan memori tersebut, pengguna harus melepas baterainya terlebih dahulu. Membuka cover belakangnya pun cukup mudah. Cari coakan kecil yang ada di sisi cover, lalu dengan kuku atau alat bantu lain berbentuk pipih, tarik cover belakang tersebut dan lakukan di setiap sisi smartphone sampai cover terlepas.

Fitur & Performa

Sama seperti smartphone Lenovo lainnya, di Lenovo VIBE C A2020 ini terdapat beberapa aplikasi bawaan yang sudah ter-install di dalamnya. Pengguna bisa menggunakannya atau meng-uninstall jika tidak membutuhkannya. Aplikasi-aplikasi tersebut terlihat jelas di dalam VIBE UI, tampilan antarmuka buatan Lenovo. Tampilan dari VIBE UI ini masih dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

Sistem Android yang digunakan dalam Lenovo VIBE A2020 sudah menggunakan Android Lollipop 5.1. Sistem operasi ini sudah cukup mumpuni dalam menjalankan berbagai aplikasi yang ada di dalamnya. Dengan kapasitas RAM 1 GB dan ditenagai prosesor Snapdragon 210 quad core 1,1 GHz, Lenovo VIBE C ini dapat menjalankan aplikasi dengan lancar. Namun, dengan kapasitas RAM 1 GB, ada baiknya hindari membuka aplikasi terlalu banyak untuk menghindari kasus lag.

Untuk kamera, smartphone berharga murah ini menggunakan kamera berkapasitas 5 MP Fixed Focus. Jadi, agak susah untuk menangkap objek dengan detail. Anda harus pintar-pintar mengatur jarak dengan objek agar objek gambar bisa tertangkap dengan lebih jelas. Kamera depannya juga sama, hanya berkemampuan 2 MP. Jadi, di sisi kamera, smartphone ini terlihat biasa-biasa saja. Tampaknya Lenovo lebih mengutamakan fungsi lainnya untuk smartphone entry level ini.

Dari sisi multimedia, kemampuan layar yang hanya mendukung resolusi 480 x 854 pixel tentunya membuat tampilan video atau gambar tidak terlalu terlihat detail dan bersih. Namun, tampilan seperti ini sudah cukup baik untuk smartphone kelas entry lebel ini. Untuk audio juga biasa-biasa saja. Bahkan, dengan bantuan earphone bawaannya, suara tidak terlalu kuat.

Untuk game, sebaiknya mainkan game dengan grafis yang tidak terlalu kaya. Karena memang didesain untuk pengguna baru 4G, game tidak tampaknya tidak terlalu dipikirkan. Namun, untuk game-game standar seperti candy crush atau temple run dengan setting grafis rendah masih bisa dimainkan dengan cukup nyaman.

Seperti biasa, Mobitekno mengukur kemampuan Lenovo VIBE C A2020 dengan beberapa aplikasi pengukur standar, seperti Antutu 3D Benchmark dan GeekBench. Hasil dari pengukuran Antutu 3D Benchmark, Lenovo VIBE C A2020 ini mencapai skor 19810 dalam kondisi belum ter-install aplikasi tambahan. Sementara untuk GeekBench 4, skor mencapai 295 untuk single core dan 985 untuk multi core.

Contoh foto-foto dari VIBE C A2020 sebagai berikut:

Spesifikasi

Ditujukan untuk kelas entry level, spesifikasi smartphone Lenovo A2020 tentu tidak mewah. Namun spesifikasi yang ada di smartphone ini terbilang cukup baik di kelasnya. Berikut ini spesifikasi yang ada di Lenovo VIBE C A2020.

OS Android 5.1 (Lollipop)
UI VIBE UI
Layar IPS capacitive touchscreen, 16M colors, 4 inci
Resolusi 480 x 854 pixel
Kamera 5 MP Fixed Focus (belakang) dan 2 MP (depan)
Jaringan GSM/HSPA/LTE Dual SIM card
CPU Qualcomm Snapdragon 210 Quad-core 1.1 GHz
RAM 1 GB
Storage 16 GB
Eksternal MicroSD Card (Up to 32 GB)
Baterai 2300 mAh Li-On Polymer (Removable)
Dimensi 143.5 x 71.8 x 9 mm
Komunikasi Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth v4.0, FM Radio, GPS

 

Kesimpulan

Sama seperti di seri A2010, Lenovo VIBE C A2020 ini dikeluarkan untuk mewadahi para pengguna baru di jaringan 4G LTE. Mereka tidak memang biasanya tidak memerlukan banyak hal untuk mencoba 4G LTE. Yang penting, koneksi lancar dan tanpa banyak gangguan dalam mengoperasikan smartphone.

Namun, dibandingkan dengan seri pendahuuna, pengguna Lenovo VIBE C A2020 bisa merasakan sensasi yang lebih baik karena smartphone ini sudah didukung dengan prosesor yang lebih baik. Layarnya pun sudah berukuran 5 inci sehingga lebih nyaman saat digunakan untuk melihat konten foto, video, atau membaca berita.

Sisi kameranya tidak terlalu bagus. Lenovo VIBE C A2020 hanya membawa kamera belakang berkemampuan 5 MP fixed focus dan kamera depan 2 MP. Padahal menurut Mobitekno, sisi kamera ini menjadi salah satu daya tarik konsumen dalam memilih smartphone.

Namun, dengan harga yang cukup murah, sekitar RP 1,3 juta, pengguna sudah bisa merasakan koneksi 4G LTE dengan dukungan dual SIM card. Memori internal yang hanya 16 GB pun masih bisa ditambah dengan Micro SD hingga 32 GB. Jadi, cukup lega untuk menyimpan berbagai file di dalamnya.

Di sisi desain juga tidak jelek. Bahkan, bodinya terlihat kokoh, walaupun terbuat dari bahan plastik. Smartphone ini cukup nyaman digenggam. Namun, agar smartphone bisa lebih awet, seperti yang sudah Mobitekno katakan di awal, gunakan lapisan pelinung baik untuk bodi maupun layar yang belum terjamah Gorilla Glass.

Tags: , , , ,


COMMENTS