June 13, 2016

Review Projektor BenQ W1080ST+, Teman untuk Pekerjaan dan Hiburan

Penulis: Desmal Andi
Review Projektor BenQ W1080ST+, Teman untuk Pekerjaan dan Hiburan  

MOBITEKNO – Kehadiran Projektor tidak hanya digunakan untuk presentasi pekerjaan saja. Untuk menikmati berbagai tayangan multimedia pun kini bisa bertambah nyaman jika dipadukan dengan perangkat projektor yang memang dibuat khusus untuk multimedia ini, seperti yang terlihat pada projektor BenQ W1080ST+.

Bahkan, keramaian di ajang Piala Eropa 2016 akan menjadi lebih seru jika menggunakan projektor ini dan ditonton bersama keluarga. Bentuknya yang kompak dan bobotnya yang tidak berat membuat projektor BenQ ini mudah untuk dkonfigurasi atau diatur di berbagai ruangan.

Dengan teknologi DLP yang sudah lama digunakan BenQ dan kemampuan menampilkan tayangan Full HD, objek yang tampil di layar pun tidak akan menyakitkan mata karena dapat tampil begitu detil. Ketajaman warnanya juga cukup baik. Menariknya, projektor ini juga dapat menampilkan gambar dengan moder layar lebar sehingga menonton film atau video pun seperti menonton di bioskop.

Projektor BenQ W1080ST+ juga dilengkapi berbagai macam fitur yang memudahkan penggunanya, seperti dukungan berbagai resolusi gambar, Full HD 3D, hingga konektor yang disediakan cukup banyak untuk berbagai macam device yang ingin dikoneksikan dengan projektor ini. Lebih lengkap, Anda bisa membaca ulasannya pada halaman berikutnya.

Kelengkapan

Layaknya sebuah projektor yang memiliki fungsi tidak hanya sebagai alat presentasi dokumen, BenQ W1080 ST memiliki berbagai perangkat pendukung di dalam kotak besarnya yang didesain agar mudah dibawa-bawa kemanapun Anda pergi.

Berikut ini berbagai komponen yang bisa ditemukan dalam paket penjualan BenQ W1080ST+:

  1. Unit Projektor berwarna putih.
  2. Kabel Power untuk koneksi ke jaringan listrik di rumah.
  3. Kabel VGA to VGA.
  4. Remote Control.
  5. CD installer.
  6. Buku petunjuk.
  7. Buku garansi.

Desain

Setelah unit dikeluarkan dari kotak kemasannya, terlihat bentuk projektor W1080 ST dengan ukuran yang kompak berwarna putih dengan bobot yang menurut Mobitekno tidak terlalu berat. Bahkan, projektor ini bisa dipegang hanya dengan satu tangan.

Di bagian atas, terdapat satu area untuk onfigurasi gambar dan pemilihan sumber konten yang akan diproyeksikan. Desain tombol menunya cukup sederhana dengan 9 tombol ditambah satu tombol power. Daftar menu, sumber konten, pengaturan gambar bisa dilakukan dari sini. Semantara untuk mengatur fokus lensa, Anda bisa mengaksesnya dari dua tuas di dekat lensa yang bisa diputar sampai mendapatkan gambar atau tes yang tidak blur.

Jika dilihat dari depan, sisi kirinya terdapat kisi-kisi dan lubang pembuangan untuk hawa panas yang diakibatkan dari kerja projektor. Kisi-kisi ini memanjang dari bagian depan hingga ke belakang. Semantara lubang hawa ada di bawahnya. Sisi kanannya juga sama seperti kiri. Didesain seimbang agar nyaman untuk dilihat.

Di bagian depan tentu saja terdapat lensa berkekuatan 2.200 ANSI lumens dengan contrast ratio 10.000:1. Lensa ini dilindungi oleh sebuah penutup yang bisa dibuka dengan cara diputar. Menariknya, penutup ini memiliki kabel karet penghubung ke bodi projektor sehingga penutup tidak mudah hilang. Logo BenQ juga terdapat tepat di bagian tengah. Persis di bawah logo terdapat kaki untuk mengatur ketinggian projektor. Tekan tombol ‘Push’ di atasnya untuk mencapai ketinggian maksimal. Anda bisa mengatur ketinggian proyeksi melalui tombol ‘Push’ ini.

Beralih ke bagian belakang. Bagian ini dipenuhi dengan berbagai konektor untuk menghubungkan perangkat projektor dengan device lainnya seperti PC atau notebook. Ada banyak opsi di sini, seperti port USB, Mini USB, HDMI1, HDMI2/MHL, VGA, hingga komponen RCA. Sisi kiri bawah terdapat port AC-In untuk kabel power.

Selain unit projektor, dalam paketnya juga terdapat remote control. Sebenarnya dari sisi desain tidak ada yang istimewa pada remote ini. Desainnya sama seperti remote-remote lain yang sering kita jumpai. Hanya saja, yang menarik adalah keberadaan nyala lampu yang akan aktif saat tombol-tombol remote ditekan. Hal ini tentu sangat membantu pengguna karena biasanya projektor digunakan di ruang gelap. Dengan demikian, tombol-tombol di remote akan tetap terlihat walau di kondisi gelap tersebut.

Kinerja

Koneksikan kabel power ke dari projektor ke jaringan listrik. Selanjutnya, gunakan kabel HDMI atau VGA untuk mengoneksikan projektor ke PC, notebook, atau televisi (kabel RCA). Jika sudah, tekan tombol power untuk mengaktifkan projektor. Atur posisi ketinggian projektor dengan layar. Satu hal menarik yang menjadi keunggulan projektor ini adalah kemampuan memproyeksikan objek dengan jarak yang tidak jauh karena BenQ W1080 ST memiliki Throw ratio 0,69 – 0,83 sehingga dapat menampilkan gambar sebesar 66,7 inci hanya dengan jarak 1 meter atau 100 inci dalam jarak 1,5 meter antara layar dengan projektor.

Untuk mendapatkan komposisi gambar yang pas, Anda bisa mengatur dengan keempat tombol navigasi yang ada di atas projektor. Jika sudah, Anda bisa langsung menyaksikan tayangan dari projektor. Namun, untuk pengaturan lainnya bisa diakses dari bagian menu di projektor ini.

Kemampuan Full HD yang ada di projektor ini benar-benar membuat tampilan video HD menjadi sangat nyaman di mata. Warna-warnanya keluar dengan jelas. Video dengan dukungan wide screen pun menjadi lebih enak dilihat karena projektor ini juga mendukung wide screen tanpa perlu posisi yang jauh dari layar.

Tingkat kebisingannya masih dirasakan normal sehingga tidak terlalu mengganggu keasyikan menonton dengan projektor ini. Motor pembuang hawa panas bekerja maksimal sehingga terasa semburan hangat di bagian sisi kiri projektor (jika dilihat dari depan). Saat digunakan penuh selama 4 jam tanpa henti, tingkat kehangatan di bodi projektor tetap sama.

Yang membuat nyaman dari penggunaan projektor ini untuk memproyesikan file multimedia adalah tersedianya berbagai pilihan port untuk sumber konten. Jadi, tidak hanya PC dan notebook saja. Bahkan, dukungan HDMI MHL membuat video dari smartphone bisa ditampilkan jelas dengan dengan projektor ini. Asalkan, smartphone Anda sudah mendukung koneksi MHL.

 

Setup

Jika masuk ke menu setting di projektor, terdapat lima pilihan setting untuk mengatur tampilan projektor. Kelima setting yang bisa Anda ubah konfigurasinya adalah Picture Setup, Audio Setup, Display Setup, System Setup (Basic), dan System Setup (Advanced). Dari menu ini, Anda bisa menyesuaikan tampilan proyeksi sesuai dengan keinginan Anda. Contohnya untuk aspect ratio gambar, Anda bisa pilih 4:3 atau 16:9.

Projektor ini juga sudah mendukung SmartEco untuk menghemat penggunaan daya listrik saat sedang idle. Pilihan SmartEco ini ada di bagian ‘Lamp Power’ dengan tiga opsi di dalamnya, yaitu Normal, Economic, dan SmartEco.

Untuk penempatan projektor, W1080ST+ juga sudah mendukung mirror. Jadi, Anda bisa mengubah proyeksi untuk menyesuaikan apakah posisi projektor ada di depan atau belakang layar.

Salah satu keunggulan produk ini adalah kemampuan mengubah objek menjadi 3D. Gunakan mode ini untuk menyaksikan tayangan 3D lalu gunakan kacamata 3D. Anda akan serasa menonton video atau film 3D di layar bioskop.

Cukup banyak menu yang disediakan untuk mengatur konfigurasi projektor. Akses menu ini pun cukupp mudah diakses dan hasilnya bisa langsung terasa di layar.

Spesifikasi

Didesain selain untuk kebutuhan presentasi office, projektor BenQ W1080 ST memiliki spesifikasi yang lebih baik karena bisa digunakan untuk multimedia dan sudah mendukung tampilan 3D. Berikut ini spesifikasi dari projektor ini.

Teknologi Projektor DLP
Native Resolution 1080p (1920×1080)
Brightness (ANSI Lumens) 2200
Contrast Ratio 10.000:1
Throw ratio 0,69-0,83 (65,7 inci dalam 1 meter)
Lamp Type 240W
Lamp Mode 3500/5000/6000 hours (Normal/Economic Mode/SmartEco Mode)‎
Resolution Support VGA(640 x 480) to WUXGA_RB(1920 x 1200)
Video Comptibility NTSC, PAL, SECAM, SDTV
Dimensi 312x104x244 mm‎
Berat 2,85 kg
Konsumsi daya 353W/110V (typical), Standby < 0.5W‎

 

Kesimpulan

Tidak hanya untuk kebutuhan pekerjaan sebagai media presentasi, BenQ W1080ST+ juga dapat digunakan untuk menambah keceriaan keluarga di momen-momen tertentu seperti menonton film-film box office bersama keluarga atau menyaksikan pertandingan olahraga di ruang keluarga tanpa harus kehilangan detail gambar atau warna yang buram. Desainnya yang kompak dan bobotnya yang tidak terlalu berat membuat projektor ini mudah dibawa kemanapun Anda pergi.

Kualitas gambar atau video yang diproyeksikan oleh projektor ini tidak berbeda dengan sumbernya. Tidak ada detail atau warna yang hilang. Warna hitam yang muncul juga terlihat hitam, tanpa tambahan kecerahan atau menjadi abu-abu. Jadi, untukmenikmati film-film berkualitas HD menjadi lebih nyaman.

Remote controlnya bisa menjadi alat bantu yang mengasyikkan. Walau warna lampu yang tampil terkesan agak ‘nyeleneh’, tetapi fungsinya benar-benar berguna karena bisa membantu melihat tombol-tombol di remote dengan lebih jelas. Jadi, Anda tidak perlu meraba-raba atau menghafalkan tomboltombol remote untuk mengubah tampilan gambar atau video di layar.

Proses setting-nya juga mudah dan bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun. Pilihan port-nya banyak sehingga konektor USB, Mini USB, HDMI, VGA, hingga RCA bisa terkoneksi dengan projektor sehingga banyak mendukung banyak device untuk sumber kontennya. Secara keseluruhan, projektor ini dapat dijadikan teman untuk pekerjaan dan hiburan.

Tags: , , , ,


COMMENTS