June 13, 2016

Incar Pasar SIEM yang Terus Meningkat, Fortinet Akuisisi AccelOps

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Incar Pasar SIEM yang Terus Meningkat, Fortinet Akuisisi AccelOps  

MOBITEKNO – Fortinet, penyedia solusi keamanan TI, hari ini mengumumkan akusisinya atas AccelOps, salah satu penyedia sistem pemantauan jaringan keamanan dan software analitik. Akuisisi bernilai US$ 28 juta ini akan memperluas strategi Security Fabric yang diperkenalkan Fortinet belum lama ini.

Sebagai penyedia teknologi SIEM (Security Information and Event Management), AccelOps telah membuat software berbasis cloud dan on-premise yang mengkorelasikan sekuriti dan jaringan data ke dalam sebuah tampilan yang lebih ‘umum’ dan mudah dipahami.

Saat ini AccelOps telah memiliki "ratusan klien" di sektor enterprise, pemerintahan, dan managed service provider. Akuisisi ini akan meningkatkan potensi pangsa pasar di segmen SIEM bernilai sekitar US$ 2 miliar bagi Fortinet. Menurut Gartner, pasar SIEM yang akan terus bertumbuh di angka angka US$ 2,9 miliar pada tahun 2019.

Berdasarkan data Magic Quadrant Gartner tahun lalu (2015), pemain terdepan di pasar SIEM adalah IBM Security, diikuti oleh Splunk, Intel Security, HP dan LogRhythm. Adapun AccelOps sejauh ini berada di kuadran ‘niche player’ bersama beberapa provder SIEM, seperti SolarWinds, Trustware, Micro Focus (NetIQ), dan lain-lain.

Dengan akuisisi AccelOps, Fortinet bisa memperluas strategi Security Fabric mereka yang menggabungkan sistem keamanan dan pemantauan dengan analitik canggih untuk solusi kemananan multi-vendor, pengaktifan otomatis, dan intelijen keamanan yang bisa diimplementasikan dari IoT ke cloud.

Dalam rilis Fortinet disebutkan juga bahwa akuisis ini akan meberikan keuntungan bagi para konsumennya dengan menyediakan visibilitas yang lebih baik terhadap solusi dari Fortinet dan beragam solusi multi-vendor lainnya.

Solusi AccelOps nantinya akan ‘dirilis ulang’ sebagai solusi FortiSIEM dan menjadi bagian integral dari Security Fabric Fortinet. Ini tentunya memungkinkan strategi segmentasi jaringan end-to-end yang lebih luas, dari IoT ke cloud. Hasil analitik dan korelasi keamanan akan langsung masuk pada Security Fabric, sehingga mewujudkan pencegahan ancaman secara otomatis.

Forninet Security Fabric yang diumumkan pada April 2016 membawa misi dan strategi untuk menghadirkan semua solusi dan produk Fortinet dalam sebuat arsitektur tunggal untuk ditawarkan ke pelanggan.

Fitur Next Generation Information Security and Event Management (Next Gen SIEM) dari AccelOps yang didukung dengan informasi ancaman dari pihak ketiga dan intelijen ancaman global Lab FortiGuard akan diintegrasikan ke dalam Security Fabric Fortinet. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari adanya sisem intelijen ancaman yang responsif dan terkoordinasi serta diprioritaskan di seluruh jaringan.

Kemampuan Security Operations Center (SOC) dan Network Operations Center (NOC) AccelOps akan memperkuat Managed Security Service Providers (MSSPs) dan layanan pendukung Fortinet, termasuk layanan subskripsi baru yang disebut FortiCare 360° Support.

Layanan terbaru ini akan menyuguhkan keamanan otomatis dan audit performa akan insfrastuktur keamanan spesifik mereka. Layanan ini juga sebagai penasihat untuk membantu mencegah gangguan layanan yang tidak direncanakan serta mencegah masalah sebelum mereka mempengaruhi kinerja dan penyelenggaraan layanan.

Partha Bhattacharya, Pendir dan CTO AccelOps, menyambut akuisisi ini mengatakan, “Fortinet dan AccelOps memiliki visi umum yang sama dalam penyediaan solusi intelijen keamanan holistik untuk keseluruhan infrastruktur TI. Selama ini, misi kami adalah membantu para pelanggan menciptakan pengelolaan ‘kepatuhan’ dan keamanan mudah dan efektif”.

“Sinergi antara solusi AccelOps dan visi Security Fabric Fortinet serta pemikiran terdepan akan memastikan bahwa pelanggan kami terlindungi dengan intelijen ancaman global, keamanan, dan analitik performa serta kepatuhan dan kontrol yang terbukti dan dapat ddiperluas pada keseluruhan tipe lingkungan jaringan dengan produk vendor keamanan dan jaringan ganda."

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS