April 13, 2016

HTC 10 Resmi Hadir dengan Dukungan Dual OIS Camera, RAW format, dan 24 bit Hi-Res Audio

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
HTC 10 Resmi Hadir dengan Dukungan Dual OIS Camera, RAW format, dan 24 bit Hi-Res Audio  

MOBITEKNO – Smartphone flagship terbaru HTC 10 akhirnya resmi diungkap oleh produsen HTC. Angka 10 yang sering dimaknai sebagai pencapaian kesempurnaan ingin juga disampaikan produsen asal Taiwan tersebut pada HTC 10. Smartphone ini diklaim telah melalui sentuhan para ahli untuk menghadirkan performa dan kualitas imaging (kualitas foto dan layar) terbaik. Kehadiran HTC 10 disertai juga dengan serangkaian video promosi yang mengungkap lebih jauh seperti apa flagship mereka tersebut.

Meski perubahan desain radikal tidak ditemui pada HTC 10 (berdimensi 145.9 x 71.9 x 9mm dan berat 161 g), ada beberapa perubahan penting yang dilakukan pada flagship terbaru ini. Tidak berbeda dengan informasi yang sebelumnya beredar, HTC 10 hadir dengan unibodi aluminium unibody chassis dengan sedikit sentuhan pada tepi sudut sisi belakang yang miring (chamfered edges).

Layar 5.2 inci HTC 10 kini telah menggunakan teknologi panel Quad HD Super LCD 5 (2560 x 1440 pixel) terbaru yang telah diperkuat dengan Gorilla Glass. Ini berarti peningkatan dari panel Super LCD 3 pada flagship HTC One M9+sebelumnya.

Bagian ‘jeroan’ HTC 10 juga tidak berbeda dengan smartphone flagship dari produsen lainnya yang lebih dulu hadir (Samsung, LG, Xiaomi). Dapur pacu HTC 10 diperkuat chip Qualcomm Snapdragon 820 , RAM 4 GB, internal storage (ROM) 32 GB, dan dukungan expandable storage microSD hingga 2 TB.

Salah satu perubahan penting yang diusung HTC 10 adalah aspek kamera. Kamera utama (belakang) dengan 12 MP UltraPixel sensor (aperture f/1.8 dengan OIS hardware) dan kamera depan (selfie camera) dengan sensor 5 MP (aperture f/1.8 juga dengan OIS hardware).

Tradisi kualitas audio premium yang selama ini melekat pada smartphone HTC kembali berlanjut. HTC 10 sudah menyertakan audio processing Hi-Res 24-bit DAC dan amplifier untuk headset. Setiap speaker BoomSound Hi-Fi pada HTC 10 juga telah dilengkapi fungsi amp dengan tweeter dan woofer terpisah (di bagian atas dan bawah).

Tidak cukup sampai disitu, HTC juga merangkul JBL untuk menyediakan noise-canalling headphone (disertakan pada paket) yang terhubung dengan smartphone via port USB-C.

HTC 10 dilengkapi dengan baterai 3000 mAh (diklaim tahan 2 hari) yang mendukung Quick Charge 3.0 (bisa terisi 50 persen dalam 30 menit). Fitur terbaru, seperti NFC, Bluetooth 4.2, 802.11ac Wi-Fi , DisplayPort, dan sensor fingerprint pada tombol Home juga telah siap digunakan pengguna.

HTC 10 yang juga akan tersedia dengan prosesor Snapdragon 652 di beberapa negara ini akan tersedia dalam empat pilihan warna (Carbon Grey, Glacier Silver, Topaz Gold, Camellia Red). HTC 10 unlocked model dengan Snapdragon 820 akan dibanderol HTC seharga sekitar US$ 700.

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS