January 13, 2016

Mobil VW Tiguan GTE Active Concept Hadir dalam Mode Hybrid

Penulis: Desmal Andi
Mobil VW Tiguan GTE Active Concept Hadir dalam Mode Hybrid  

MOBITEKNO – Volkswagen (VW) yang tahun lalu dirundung masalah bahan bakar diesel, berusaha bangkit dengan memperkenalkan mobil SUV barunya yang masih dalam status konsep, VW Tiguan GTE Active Concept, dengan memadukan tenaga dari bahan bakar fosil dan dua motor listrik.Kedua motor listrik yang diletakkan di penggerak roda dpan dan belakang ini diyakini mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga dapat mencapai 3 liter untuk 100 km perjalanan dan bantuan motor listriknya dapat menempuh perjalanan hingga 933 km.

Kendaraan berjenis SUV ini juga menggunakan sistem all-wheel drive yang dapat diaktifkan dengan mudah dari satu sentuhan tombol. Untuk bahan bakar bensinnya, Tiguan ini menggunakan mesin turbocharged 1.4 liter direct injection yang dapat memproduksi tenaga 148 HP. Kedua motor listriknya yang ada di depan dapat membantu tenaga sebesar 54 HP dan motor listrik di belakang hingga 85 HP.

Kendaraan ini juga menggunakan sistem transmisi 6 kecpatan dengan sistem dual clutch. Di sistem transmisi ini, motor listrik depan juga dimasukkan ke dalam kotak transmisi.

Untuk menambah dan meningkatkan efisiensi berkendara, mobil ini diatur untuk selalu menggunakan tenaga listrik pada saat dinyalakan sehingga mobil akan berada pada mode nol emisi. VW juga menggunakan teknologi yang mereka sebut Propshaft, dimana energi dari motor depan dialirkan melalui sistem kabel (bukan mekanis lagi) ke motor belakang dalam kondisi tertentu.

Ada enam program mengemudi yang bisa dilakukan dengan mobil konsep VW Tiguan, yaitu OnRoad, OffRoad, Snow, Sport, Charge, dan Battery Hold. Program ini bisa diaktifkn melalui sebuah tombol. VW juga menyediakan tiga mode untuk menggerakkan mobil, yaitu Hybrid, E-mode, dan GTE dengan tenaga yang lebih besar.

Mobil konsep yang diperkenalkan pada acara North American International Auto Show di Detroit ini juga mengubah sisi eksterior. Kini, ground clearance-nya ditambah hingga 7 inci sehingga menjadi berjarak sekitar 200-245 mm. Sementara di bagian interior, Tiguan GTE Active Concept sudah melengkapi sistem infotainmentnya dengan fungsi gesture.

Dalam menghadirkan Tiguan GTE Active Concept ini, VW melakukan perubahan dan pengembangan yang bayak, terutama dari untuk jajaran mobil seri Tiguan.

Sumber: volkswagen

 

Tags: , , ,


COMMENTS