May 12, 2016

Interaksi dengan Berbagai Bahasa di Android Kian Mudah Berkat Fitur ‘Tap to Translate’

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Interaksi dengan Berbagai Bahasa di Android Kian Mudah Berkat Fitur ‘Tap to Translate’  

MOBITEKNO – Sejauh ini, Google Translate yang mendukung 103 bahasa sudah digunakan lebih dari 200 juta pengguna setiap harinya. Tidak mau berpuas diri, Google kembali mengumumkan fitur baru pada aplikasi Google Translate yang semakin mempermudah setiap individu dalam berkomunikasi atau mengkases informasi di kehidupannya sehari-hari.

Fitur baru bernama ‘Tap to Translate’ ini dihadirkan pada versi 5.0 terbaru Google Translate untuk patform Android. Dengan ‘Tap to Translate’, pengguna Android bisa mempersingkat tahapan yang harus dilakukan untuk menerjemahkan suatu teks bahasa asing.

Sebelumnya, pengguna harus lebih dulu meng-copy teks tersebut, berpindah ke Google Translate app, lalu mem-paste teks untuk diterjemahkan dan diakhiri dengan meng-copy terjemahan tersebut ke aplikasi awal.

Klini, dengan ‘Tap to Translate’, pengguna bisala langsung memilih (meng-highlight) suatu kata atau kalimat dalam suatu aplikasi lalu men-tap tombol atau icon ‘Google Translate’ untuk melakuakn proses terjemahan

Tombol ‘Google Translate’ ini akan muncuk di sudut layar untuk menerjemahkan teks tersebut secara langsung. Anda pun dapat mendengar pengucapan/lafat dari teks di sana. Proses terjemahan instan ini juga diklaim Google bisa dilakukan tanpa koneksi Internet (offline mode) setelah pengguna mend-download modul bahasa yang ingin tersedia secara offline.

Fitur ‘Tap to Translate’ yang akan hadir secara bertahap pada berbagai perangkat Android ini mendukung aplikasi yang umum digunakan di Android, seperti WhatsApp atau messenger app lainnya.

Fitur ini merupakan langkah maju menuju apa yang diinginkan bukan hanya Google tapi setiap orang, yaitu dapat beriteraksi dengan setiap individu di seluruh dunia tanpa adanya hambatan bahasa.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS