February 12, 2016

Tahun Lalu Bertumbuh, Tahun ini Mazda Fokus Puaskan Pelanggan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tahun Lalu Bertumbuh, Tahun ini Mazda Fokus Puaskan Pelanggan  

MOBITEKNO – Sering menjumpai mobil hatchback dan SUV Mazda di jalanan akhir-akhir ini? Anda tidak salah karena berdasarkan laporan pencapaian PT Mazda Motor Indonesia (MMI) selama tahun 2015, total penjualan mobilnya berhasil mencatatkan angka 9.334 unit atau meningkat 2 persen dibandingkan tahun 2014.

Dari total jumlah mobil tersebut, para Zoom-Zoom lovers (sebutan pengguna mobil Mazda) tampaknya menaruh minat besar pada mobil jenis SUV dari Mazda, seperti New Mazda CX-5 yang mengambil porsi 48% dan jenis hatchback All New Mazda2 dengan porsi 32%. All New Mazda2 berhasil mencatat pertumbuhan sebesar 67% di tahun 2015.

Berkaitan dengan pangsa pasar total, All New Mazda2 berhasil mengambil porsi 9,8%, Mazda CX-5 sebesar 11,8%, dan jenis MPV-nya Mazda Biante sebesar 34,7%. Kenaikan sebesar 0.1% berkontribusi pada pangsa pasar totalnya hingga mencapai 0.9% di tahun 2015. MMI boleh berbangga karena di saat pangsa pasar otomotif nasional mengalami penurunan sekitar 13.7% pangsa pasar mobil Mazda justru meningkat meski hanya 0,1 %.

Selain pertumbuhan pangsa pasar, MMI juga mencatat pertumbuhan positif dalam hal Customer Visit Ratio (CVR). CVR menjadi parameter untuk mengetahui jumlah pelanggan mobil Mazda yang kembali melakukan perawatan mobil di dealer resmi Mazda.

Menurut MMI, CVR bertumbuh sebanyak 4% dibandingkan tahun 2014. Pertumbuhan ini merupakan buah dari program yang dijalankan tim Customer Relationship Coordinator (CRC) Mazda selama ini untuk mengedukasi tenaga service advisor dalam menginformasikan pelanggan akan pentingnya melakukan perawatan kendaraan secara berkala di dealer-dealer resmi Mazda, terutama untuk mobil Mazda yang mengadopsi SKYACTIV Technology.

Sebagai salah satu perwujudannya untuk memuaskan pengguna mobil Mazda selama ini, Mazda juga melakukan perluasan area Parts Distribution Center (PDC) MMI hampir dua kali lipat dari yang semula 3.600 m2 menjadi 6.000 m2. Adanya perluasan ini diharpkan akan memaksimalkan ketersediaan suku cadang asli berbagai komponen mobil Mazda. Dengan demikian, kasus pelanggan harus ‘indent’ lama mendapatkan suku cadang bisa diminimalisir.

Menanggapi pencapaian tersebut, Keizo Okue, President Director PT Mazda Motor Indonesia, mengatakan “Seluruh pencapaian yang diraih oleh MMI di tahun 2015 merupakan pembuktian dari segala usaha terbaik kami untuk terus menunjukan konsistensi dalam menghadirkan produk dan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

“Selain itu kami juga akan terus memperkuat berbagai inisiatif, terutama untuk pengembangan bisnis serta divisi layanan pelanggan kami untuk dapat memberikan esensi utama dari semangat Be Alive melalui produk dan layanan terbaik agar dapat memberikan warna tersendiri bagi para pelanggan kami setiap mereka mengendarai mobil Mazda”, tambah Okue yang piawi bermain gitar beraliran blues ini.

Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, menambahkan, "Kami di Mazda percaya bahwa di tengah-tengah kondisi pasar otomotif Indonesia yang cukup menantang, Mazda akan terus berupaya dan terus bertumbuh bersama para pelanggan dan pencinta Mazda agar dapat lebih mudah mengakses produk dan layanan kami serta mendukung pertumbuhan yang positif bagi industri otomotif nasional.”

"Hal ini karena sudah menjadi keinginan kami untuk terus menyuarakan semangat Be Alive kepada Zoom-Zoom Lovers serta untuk mewujudkan perjalanan yang tak terlupakan di tahun 2016 agar kembali menjadi tahun yang luar biasa bersama Mazda di Indonesia", tutup Astrid saat mendampingi Okue di acara Media Gathering Mazda 2016 di Fairmont Hotel, Jakarta (10/2/2016).

 

 

Tags: , ,


COMMENTS