February 12, 2016

Jobplanet: Maskapai Garuda Paling Diminati Angkatan Kerja di Sektor Parawisata

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Jobplanet: Maskapai Garuda Paling Diminati Angkatan Kerja di Sektor Parawisata  

MOBITEKNO – Siap atau tidak, suka atau tidak, angkatan kerja di Indonesia harus berhadapan dengan datangnya pasar bebas MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang mulai berlaku tahun ini.

Menurut pemerintah, dari delapan profesi (insinyur, arsitek, akuntan, land surveyor, dokter gigi, perawat, guru, dan pekerja di sektor pariwisata) yang disediakan di pasar bebas ASEAN tersebut, pekerja di sektor pariwisata yang dianggap paling siap, baik dari segi kualitas dan kuantitas.

Terkait dengan itu, Jobplanet (Jobplanet.com) merilis daftar 10 perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak, berturut-turut di-review dan menarik perhatian para pengguna Jobplanet di Indonesia.

Kedua daftar tersebut disusun berdasarkan analisis terhadap data berbagai perusahaan yang terkait dengan industri pariwisata, termasuk perusahaan transportasi penunjang pariwisata, perhotelan, serta jasa perjalanan wisata yang terdapat dalam database Jobplanet. Berikut ini detail mengenai kedua daftar terfavorit berdasarkan database Jobplanet:

Sepuluh (10) perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak mendapatkan review di Jobplanet:

1. PT Garuda Indonesia Tbk (9,60%)
2. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (6,16%)
3. PT Lion Mentari Airlines (5,71%)
4. PT Blue Bird Tbk (1,89%)
5. PT Aston International (1,85%)
6. PT Express Transindo Utama (1,36%)
7. PT Indonesia AirAsia (1,17%)
8. PT Sriwijaya Air (1,10%)
9. Hotel JW Marriott (1,02%)
10. PT Grahawita Santika atau Santika Hotel & Resorts (0,95%)

Daftar di atas disusun berdasarkan jumlah review terbanyak yang diberikan oleh para karyawan dan mantan karyawan dari 871 perusahaan yang berkaitan dengan industri pariwisata. Jumlah review dari seluruh perusahaan tersebut per akhir Desember 2015 adalah sebanyak 2.645. Review-nya meliputi review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara kerja.

Menurut Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, “Jobplanet memahami tantangan yang dihadapi oleh para pencari kerja di Indonesia, terlebih lagi dengan diberlakukannya MEA. Kami berharap daftar yang kami rilis ini dapat bermanfaat bagi para pengguna Jobplanet dan para pencari kerja dan pekerja di sektor pariwisata yang ingin meningkatkan karier mereka.”

Adapun sepuluh (10) perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling menarik perhatian pencari kerja dan pengguna Jobplanet di Indonesia:

1. PT Garuda Indonesia Tbk (36,00%)
2. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (16,78%)
3. Holland America Line (8,22%)
4. PT Lion Mentari Airlines (5,89%)
5. Hotel JW Marriott (3,28%)
6. PT Aston International (2,57%)
7. PT Blue Bird Tbk (2,54%)
8. PT Sriwijaya Air (1,92%)
9. PT Indonesia AirAsia (1,79%)
10. Hotel Mulia Senayan Jakarta (1,46%)

Daftar di atas disusun berdasarkan jumlah pageview atau kunjungan ke webpage berisi profil dan review perusahaan yang terkait dengan industri pariwisata di Jobplanet (periode November – Desember 2015).

Jobplanet mencatat total kunjungan ke halaman web berisi profil dan review dari sepuluh perusahaan di atas mencapai sekitar 60 ribu pageview selama dua bulan terakhir di tahun 2015.

Jobplanet juga menemukan semakin banyak angkatan kerja yang tertarik untuk bekerja di kapal pesiar. Hal ini terbukti dari banyaknya pengguna yang mengakses informasi mengenai Holland America Line, salah satu perusahaan kapal pesiar terkemuka, di website Jobplanet. Menurut Kemas, terjadi kenaikan minat yang cukup banyak pada perusahaan perhotelan, khususnya jaringan hotel berbintang.

Jobplanet yang platformnya menjadi wadah bagi komunitas online kerap menampilkan review tentang budaya dan suasana kerja di perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja.

Sejak mulai beroperasi di Indonesia pada Agustus 2015 hingga awal Januari 2016, komunitasnya telah mencapai lebih dari 250 ribu pengguna dan berhasil mengumpulkan lebih dari 115 ribu review. Mereka juga mengklaim telah merangkul 26 ribu perusahaan untuk masuk dalam daftar database mereka.

 

Tags: , , ,


COMMENTS