November 11, 2016

Lenovo Paparkan Strategi Bisnisnya untuk Segmen Kecil dan Menengah

Penulis: Desmal Andi
Lenovo Paparkan Strategi Bisnisnya untuk Segmen Kecil dan Menengah  

MOBITEKNO – Era digital semakin merangkul berbagai indistri yang berjalan saat ini. Banyak perusahaan, terutama di Indonesia, yang sudah bergantung pada infrastruktur IT untuk kelangsungan bisnisnya. Perusahaan-perusahaan ini bahkan sudah memanfaatkan data center, cloud dan data analitik untuk mengukur sekaligus menentukan langkah apa saja yang bisa mereka lakukan di periode berikutnya. Oleh sebab itu, Cin Cin Go, Commercial Director lenovo Inonesia baru-baru ini memaparkan strategi yang dimiliki Lenovo untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis perusahaan ini. Lenovo pun terus meningkatkan keragaman portofolio produknya, mulai dari perangkat mobile, server, software, hingga servis.

Salah satu strategi yang dimiliki Lenovo untuk usaha segmen kecil dan menengah adalah membangun kemitraan strategis dengan berbagai pihak untuk menyediakan solusi-solusi lengkap. Untuk hal ini, Lenovo menggandeng merek-merek terkenal seperti Juniper dan Red hat untuk solusi software. Selain itu, perusahaan ini juga bekerjasama dengan Nutanix dan SAP untuk menyediakan solusi insfrastruktur IT terdepan .

Untuk sektor korporasi, Lenivi menyadari kebutuhan perusahaan selalu berbeda-beda. Oleh karena itu, lenovo tidak hanya menyediakan perangkat keras, terapi juga memiliki jenis layanan “Solutions” yang mampi memberikan solusi bagi berbagai tantangan yang dihadapi calon pelanggan lenovo.

Lenovo juga memiliki strategi di pasar PC dan Data Center Indonesia. Untuk sektor ini, Lenovo bahkan mampu mencatat penjualan tertinggi sebesar 19.4%, meningkat dari tahun lalu. Di pasar Data Center, pangsa pasar Lenovo bertumbuh dari tahun ke tahun (YTY) sebesar 8,1% di kuartal I. Lenovo memfokuskan strateginya untuk menjadi perusahaan IT ‘baru’ untuk pelanggannya, yang tidak terbebani oleh pemikiran lama atau teknologi-teknologi tradisional. Di Indonesia sendiri, selama total 5 Quarter (Q1F1516 – Q1FY1617) Lenovo menduduki peringkat ke-2 dengan market share 19,4%.

Lenovo juga melihat bahwa di Indonesia khususnya, banyak sekali perusahaan skala kecil dan menengah, terutama perusahaan startup dan UKM yang sedang bertumbuh beberapa waktu belakangan ini. Untuk segmen startup dan UKM, Lenovo mendukung penuh dengan memberikan edukasi, workshop dan roadshow untuk edukasi dan juga membimbing mereka untuk memasuki dunia digital. Dalam melakukan berbagai aktivitas ini, Lenovo menjalin kerjasama dengan mitra lokal di masing-masing daerah.

Tags: , , ,


COMMENTS