November 11, 2016

Kendali Kursor di Tablet Jadi Lebih Mudah Berkat Fitur Baru Virtual Trackpad di Windows 10 build 14965

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kendali Kursor di Tablet Jadi Lebih Mudah Berkat Fitur Baru Virtual Trackpad di Windows 10 build 14965  

MOBITEKNO – Microsoft sudah menyediakan Windows 10 build terbaru (build 14965) untuk digunakan para pengguna yang ikut serta dalam program ‘coba awal’ Windows OS versi awal (early buid) bernama Windows Insider program.

Windows 10 (build 14965) kali ini membawa perbaikan pada beberapa fasilitas Windows 10, seperti Sticky Notes dan Windows Ink. Windows Ink bermanfaat bagi pengguna yang menggunakan layar sentuh dan stylus, seperti Surface Pen.

Namun, Windows 10 (build 14965) juga menghadirkan satu fitur baru yang tidak kalah menariknya bagi pengguna tablet Windows 10, yakni virtual trackpad.

Fitur virtual trackpad bisa diaktifkan pengguna Windows 10 melalui sebuah tombol (toggle) di taskbar. Setelah aktif, sebuah virtual trackpad akan tampil untuk dipakai pengguna dalam mengontrol gerakan kursor di layarseperti halnya trackpad pada notebook.

""

Fungsi terintegrasi dari Windows 10 terbaru ini sebelumnya hanya tersedia dari tool tambahan (third party tool), seperti TouchMousePointer atau sejenisnya.

Virtual trackpad juga dapat dikonfigurasi pengguna (customizable) di "Touchpad" yang diakses melalui menu "Devices | Settings". Di sana, pengguna dapat me-tweak setting virtual trackpad agar lebih cocok dengan keinginannya.

Manfaat lainnya dari Virtual trackpad adalah sebagai pengganti mouse saat tablet Windows dihubungkan dengan monitor eksternal yang ukurannya besar. Wirtual trackpad akan memungkinkan pengguna mengontrol kursor yang tampil di layar monitor besar dengan mudah melalui layar tabletnya.

Windows Built 14965 saat ini sudah dapat diperoleh melalui jalur ‘fast ring’ di program Windows Insider. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia bagi semua konsumen Windwos 10 melalui update Windows 10 regulernya.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS