November 11, 2016

3M Hadirkan Solusi Smart City untuk Industri

Penulis: Karyo
3M Hadirkan Solusi Smart City untuk Industri  

MOBITEKNO – 3M, perusahaan multinasional  asal  Amerika Serikat baru-baru ini hadir dalam ajang pameran Indonesia Infrastructure Week 2016 dengan menghadirkan solusi untuk Smart City. 3M Smart City mempresentasikan solusi-solusi inovatif untuk industri dengan menghadirkan solusi terdepan untuk  kemamanan bandar udara (bandara) yang informatif dan interaktif berupa face recognition dan passport reader.

3M Passport Reader merupakan perangkat pembaca pasport. Solusi-solusi ini memiliki kemampuan untuk membaca gambar dari paspor dan jenis dokumen lainnya yang memiliki barcode 1D atau/dan 2D secara cepat, mudah dan akurat. Produk ini dapat menghilangkan refleksi, meningkatkan akurasi warna dan dapat menyala hanya dengan listrik dari USB. Pengoperasiannya mudah berkat fitur one-step scanning yang akan mendeteksi dokumen secara otomatis.

Menurut Audist Subekti, PhD selaku Business Director Infrastructure, Construction, Energy and Government Market PT 3M Indonesia mengungkapkan bahwa  produk tersebut telah digunakan di bandara Sutta dan bandara Ngurah Rai Bali.

Selain perangkat pembaca pasport, salah produk baru yang ditampilakan adalah solusi untuk mendeteksi data para penumpang yang akan memasuki wilayah bandara berupa perangkat pembaca wajah (Face recognition). Face recognition merupakan perangkat lunak yang dihadirkan 3M untuk memudahkan pengidentifikasian. Perangkat ini bisa diintegrasikan dengan sistem keamanan bandara atau , kepolisian, interpol atau sumber data lainnya yang berkepentingan. Jika berintegrasi dengan baik maka sistem ini dapat bermanfaat lebih luas lagi.

Sebagai contoh, jika kita memasukkan data wajah buronan, maka kamera pengawas yang telah berintegrasi dengan sistem face recognition 3M dapat mengenali wajah orang tersebut kemudian memberi peringatan atau informasi secara real time kepada pihak terkait.

Menurut Audist, solusi ini masih tergolong baru, karena baru dirilis di dunia pada bulan Oktober. Sehingga untuk pasar Indonesia saat ini masih dalam tahan pengenalan, belum ada bandara atau industri lain yang mengaplikasikannnya.

""

Booth 3M Smart City

Selain solusi diatas 3M juga menghadirkan berbagai solusi lainnya untuk berbagai kepentingan industri lainnya. Seperti 3M Dynatel Locating and Marking. solusi ini dapat membantu dengan cepat dan akurat dalam mengidentifikasi aset bawah tanah dengan menggunakan teknologi Radio-Frequency Identification (RFID).

Solusi ini dapat digunakan untuk menemukan jalur yang tepat dan perkiraan kedalaman aset di bawah tanah, menemukan penanda pasif (ball marker) yang ditanam, serta membaca dan menulis informasi langsung ke penanda baru.

Tags: , ,


COMMENTS