October 11, 2016

Di Inggris, Apple Watch Dilarang Masuk ke Rapat Kabinet Pemerintahan

Penulis: Desmal Andi
Di Inggris, Apple Watch Dilarang Masuk ke Rapat Kabinet Pemerintahan  

MOBITEKNO – Sebuah laporan datang dari Ingggris mengenai kekhawatiran kabinet pemerintahan yang sekarang mengenai keamanan yang ada di perangkat Apple Watch. Kabinet melarang para anggotanya menggunakan Apple Watch di acara rapat atau pertemuan kabinet karena mereka khawatir tentang ancaman hacker Rusia yang dapat memanfaatkan fitur mikrofon di Apple Watch disalahgunakan untuk ‘menguping’ pembicaraan, terutama yang menyangkut masalah kebijakan pemerintah.

Ternyata Inggris bukan satu-satunya yang mengkhawatirkan keamanan pada Apple Watch. Justru negara asal Apple, Amerika Serikat, sudah mewaspadainya sejak lama, terlebih pada saat kampanye pemilihan presiden. Amerika serikat memiliki keprihatinan sendiri menyangkut keamanan Apple Watch dan bahkan menunjuk langsung bahwa kejahatan cyber bisa dilakukan Rusia untuk merusak hasil pemilihan presiden.

Sebenarnya masalah kekhawatiran kebocoran data sudah terjadi sejak lama di Inggris. Sebelumnya, para anggota kabinet sudah dilarang membawa smartphone ke dalam rapat kabinet. Jadi, tinggal menunggu waktu saja kapan larangan yang sama terjadi pada smartwatch.

Di era Internet of Things yang terjadi saat ini, semua perangkat memang dapat terhubung ke perangkat lainnya sehingga memudahkan orang berkomunikasi satu sama lainnya. Namun sayang, hubungan yang membuat nyaman ini sering disalahgunakan oleh para penjahat cyber. Di tingkat masyarakat umum saja sudah menjadi ancaman sendiri, apalagi di tingkat pemerintahan yang sering membahas kebijakan-kebijakan negara.  

Sumber: UberGizmo

Tags: , , ,


COMMENTS