July 11, 2016

Sadarkah Anda? Ada 5 Perubahan yang Dilakukan Facebook Bulan Ini

Penulis: Elizabeth Swanti
Sadarkah Anda? Ada 5 Perubahan yang Dilakukan Facebook Bulan Ini  

MOBITEKNO – Jaringan media sosial terbesar di dunia, Facebook terus berbenah. Sepanjang sebulan terakhir, perusahaan yang dikepalai oleh Mark Zuckerberg ini membuat banyak perubahan yang diyakini akan bermanfaat bagi penggunanya. Apa sajakah perubahan yang dilakukan Facebook?

1. Perubahan Algoritma News Feed

Akhir Juni lalu, Facebook mengumumkan perubahan algoritma News Feed yang memberikan prioritas bagi keluarga dan teman pengguna untuk muncul lebih dulu di laman ketimbang ‘update’ dari kampanye atau merek.

Banyaknya kampanye yang dilakukan melalui jaringan sosial ini menimbulkan banyak kontra dari pengguna yang menggunakan Facebook untuk tetap terhubung dengan keluarga dan temannya ketimbang hanya sekadar melihat iklan. Dengan perubahan algoritma News feed ini, terlihat bahwa raksasa jejaring sosial ini tidak ingin pengguna untuk kehilangan "update penting" dari teman dan keluarga, juga tidak ingin kehilanngan penggunanya.

2. Menolak Video ‘Ekstremis’ secara Otomatis

Bersamaan dengan Google, Facebook mengumumkan bahwa sistem mereka kini dapat secara otomatis secara otomatis mendeteksi dan menghapus video yang berisi materi ‘ekstrimis’ yang diunggah ke platform mereka. Sistem ini merupakan upaya Facebook untuk memberantas ‘kekerasan propaganda’ dari web, YouTube dan menghapus video algoritma yang diduga terhubung dengan terorisme.Dilansir melalui Yahoo!, teknologi ini awalnya dikembangkan untuk mengidentifikasi dan menghapus konten yang dilindungi hak cipta di situs video. Sistem ini seperti sidik jari digital unik pada perusahaan internet yang memungkinkan semua konten dengan sidik jari yang cocok dengan algoritma tertentu untuk dihapus cepat.

Meski sistem tersebut mampu mendeteksi konten yang berbahaya, namun tidak dapat secara otomatis memblokir video dengan konten sejenis yang belum pernah terlihat sebelumnya.

3. Facebook Messenger untuk Windows 10 Mobile

Mengikuti gencarnya Microsoft mempromosikan penggunaan Windows 10, Kini Facebook telah resmi meluncurkan aplikasi Messenger pada Windows 10 Mobile dan tersedia di Windows Store secara gratis. sebelumnya pada bulan April lalu,  Facebook telah meluncurkan aplikasi Messenger untuk Windows 10 PC dan tablet.

Aplikasi Facebook Messenger untuk Windows 10 Mobile berisi fitur yang kurang lebih sama seperti di iOS dan Android seperti mengubah tema, mengubah nama, lakukan percakapan grup, mengirim stiker, dan bahkan mengirim gambar gif. Aplikasi ini bekerja pada Windows Phone 8, Windows Phone 8.1, Windows 10, dan Windows 10 Mobile. Secara keseluruhan, Facebook Messenger baru-baru ini juga telah menambahkan beberapa fitur baru termasuk tab Home, ulang tahun, dan bagian favorit.Hal ini memperkenalkan bagian Favorit baru yang menunjukkan orang mana yang paling sering Anda ajak berkomunikasi. Aplikasi ini bahkan menerima fitur penting seperti pesan SMS dalam aplikasi Android.

Pada bulan April, Facebook Messenger mencatat 900 juta pengguna aktif bulanan, naik dari 800 juta pada bulan Januari.

4. Game dalam Emoji Khusus Sepak Bola

Untuk semua penggemar Euro 2016, Facebook Messenger juga meluncurkan game tersembunyi di dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan yang disebut KeepyUp setiap kali mereka menggunakan emoji sepak bola. Untuk mengaktifkan permainan tersebut, Anda harus menjalankan versi terbaru dari Facebook Messenger untuk Android atau iOS. Kemudian, hanya mengirim emoji sepak bola di setiap percakapan dalam aplikasi Facebook Messenger. Tekan pada emoji setelah mengirimnya, dan Messenger akan membuka permainan secara otomatis.

5. Penerjemahan ke 45 Bahasa

Komunikasi Anda dengan khalayak global kini akan semakin lebih mudah berkat fitur baru Facebook yang secara otomatis menerjemahkan tulisan Anda ke beberapa bahasa yang berbeda. Perangkat lunak ini membuat postingan Anda diterbitkan dalam bahasa pilihan pengguna yang ingin melihat status Anda.

Caranya mudah, hanya dengan mengetik posting, klik pada menu pull-down, dan menambahkan hingga 45 terjemahan bahasa yang berbeda – mulai dari Prancis ke Filipina, hingga Lithuania.

Saat ini, fitur tersebut telah aktif diujicobakan pada 5 ribu Fan Page khusus untuk bisnis dan merek, namun kini dibuka secara luas untuk penggunaan global.Perangkat lunak ini bekerja dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk prefill bidang terjemahan ketika Anda menambahkan bahasa yang berbeda untuk posting. Software ini menggunakan informasi dari lokasi pengguna, preferensi bahasa dan bahasa apa seseorang yang paling umum digunakan untuk posting di Facebook untuk memutuskan versi pesan mana yang akan ditampilkan.Berdasarkan informasi dari Facebook, sekitar setengah dari pengguna 1,65 miliar di seluruh dunia berbicara dengan bahasa lain selain bahasa Inggris. Langkah ini diharapkan untuk memungkinkan orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook.

Tags: ,


COMMENTS