July 11, 2016

Huawei Geser Pangsa Pasar iPhone di Tiongkok

Penulis: Elizabeth Swanti
Huawei Geser Pangsa Pasar iPhone di Tiongkok  

MOBITEKNO – Nama para produsen ponsel Asia kini sedang berkibar. Gencarnya pemasaran yang dilakukan bahkan kini dengan sukses menggeser pangsa pasar iPhone di banyak benua, salah satunya adalah Asia. Di Tiongkok, pangsa pasar iPhone Apple turun menjadi 11 persen pada bulan Mei 2016, turun dari peringkat ketiga menjadi kelima pada kuartal pertama tahun ini, demikian laporan dari TechWeb dengan mengutip hasil riset terbaru dari perusahaan analis Counterpoint Technology Research.

TechWeb mengatakan pendapatan Apple Inc di daratan Tiongkok turun 26 persen pada kuartal terakhir (per 26 Maret 2016), dimana perusahaan mengalami penurunan pendapatan perusahaan pertama sejak 2003.

Diperkirakan pada kuartal kedua pendapatan Apple akan turun sebanyak 13 persen tahun-ke-tahun dengan laba yang turun drastis dari US$ 50,6 miliar menjadi US$ 10,5 miliar.

Hong Shibin dari pakar pemasaran digital dari Internet Society of China  menganalisis bahwa kelemahan terbesar Apple adalah produk. "Dibandingkan dengan iPhone 4S klasik dan 5S, iPhone 6S dan iPhone SE memiliki kekurangan dalam hal inovasi," kata Hong.

Berbanding dengan pesaingnya, Huawei Technologies Co Ltd terus tumbuh hingga merebut peringkat pertama di pasar smartphone Tiongkok. Selain Huawei, produsen ponsel lokal seperti Xiaomi Corp, OPPO Mobile Telecommunications Co Ltd dan Vivo Electronics Corp secara bersama-sama bersatu merebut 53 persen pangsa pasar smartphone Tiongkok secara keseluruhan.

 
 
Tags: , ,


COMMENTS