July 11, 2016

Hati-hati Meng-Install Pokemon Go melalui File APK Non-Resmi!

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Hati-hati Meng-Install Pokemon Go melalui File APK Non-Resmi!  

MOBITEKNO – Game dari Niantic yang lagi hangat dibicarakan, Pokémon Go, saat ini baru diluncurkan secara resmi di beberapa negara, seperti di Australia, Selandia Baru, dan AS. Bagi pengguna smartphone iOS dan Android yang berada di negara yang belum kebagian jatah resmi game tersebut di App Store dan Play Store bisa memilih men-download file APK dari game tersebut dari sumber-sumber yang tidak resmi (non-official).

Namun, seperti yang sudah diketahui, file APK yang berasal dari sumber yang tidak resmi (bukan berasal dari Play Store atau pengembang aslinya) juga membawa risiko celah keamanan bagi sistem Android. Demikian pula halnya dengan file APK Pokémon Go yang banyak beredar di Internet.

Beberapa laporan menyebutkan, file APK Pokémon Go yang bisa di-install langsung ke smartphone Android (side-loading) tanpa melalui Play Store diketahui juga membuka sebuah celah keamanan (backdoor) pada smartphone.

Menurut perusahaan sekuriti Proofpoint, file APK Pokémon Go yang telah dimodifikasi dan tersebar luas di negara yang belum resmi menerima kehadiran game tersebut ternyata bukan hanya men-dowload dan meng-install game Pokémon Go tapi juga meng-install backdoor DroidJack disadari oleh penggunanya.

Apabila pengguna tidak sabar menunggu kehadiran resmi Pokémon Go di negaranya, Proofpoint merekomendasikan untuk memperhatikan beberapa hal, seperti permissions list yang ditampilkan saat proses install. Menurut Proofpoint, beberapa akses yang diminta installer Pokémon Go yang tidak resmi ini sebenarnya tidak ada pada game Pokémon Go resmi, termasuk starter classes palsu seperti net.droidjack.server yang tersembunyi dalam game Pokémon Go tidak resmi ini.

Apabila Anda kurang memahami aspek teknis ini untuk membedakan Pokémon Go versi yang aman dan versi yang mengandung celah keamanan, Anda disarankan men-dowload-nya dari website APK yang punya reputasi cukup aman, seperti APKPolice.com dan APKMirror.com.

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS