May 11, 2016

Aplikasi Desktop WhatsApp Akhirnya Tersedia di Windows dan Mac

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Aplikasi Desktop WhatsApp Akhirnya Tersedia di Windows dan Mac  

MOBITEKNO – Layanan instant messaging/voice dengan pengguna aktif sekitar satu miliar ini akhirnya merilis aplikasi aplikasi desktop WhasApp yang dibuat secara khusus untuk sistem Windows dan Mac (native desktop app).

Kehadiran aplikasi desktop ini merupakan kelanjutan dukungan WhastApp bagi pengguna desktop setelah kurang lebih setahun sebelumnya juga menghadirkan WhatsApp Web yang digunakan melalui browser desktop.

Seperti juga WhatsApp Web, aplikasi desktop WhatsApp (WhatsApp desktop app) merupakan perpanjangan (extension) dari aplikasi mobile WhatsApp yang pertama kali hadir.

Pengguna desktop yang ingin mengunakan WhatsApp desktop app sebulumnya harus mengaktifkan WhatsApp di smartphone atau handphone-nya. Setelah melakukan verifikasi dengan men-scan QR Code yang muncul di aplikasi desktop dengan kamera smartphone, secara otomatis WhatsApp desktop app akan menampilkan daftar kontak dan percakapan yang sama (mirrors conversations and messages) dengan WhatsApp di smartphone.

WhatsApp desktop app tersedia untuk pengguna MS Windows 8 dan Mac OS 10.9+ (atau versi OS yang lebih baru). Oleh karena tersinkronisasi langsung dengan WhatsApp di smartphone, WhatsApp desktop app juga mendukung desktop notifications, keyboard shortcuts, dan lain-lain.

Pengguna Windows/Mac yang ingin men-download WhatsApp desktop app bisa mengunjungi alamat ini melalui browser di desktop-nya. Setelah di-download, jalankan aplikasi lalu scan QR code yang tampil di aplikasi desktop melalui WhatsApp di smartphone. Scan diaktifkan dengan mengakses tombol tiga titik (di kanan atas layar smartphone) lalu memilih menu ‘WhatsApp Web’.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS