March 11, 2016

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL: Fokus Cepat, Gambar Lebih Cerah

Penulis: Desmal Andi
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL: Fokus Cepat, Gambar Lebih Cerah  

MOBITEKNO – Asus memang mengeluarkan banyak model untuk varian Zenfone. Salah satu yang menjadi pusat perhatian banyak konsumen Asus adalah Zenfone Laser 2 ZE500KL. Smartphone ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan produk Zenfone lainnya.

Dengan tetap mengedepankan desain yang menarik, Zenfone 2 Laser ZE500KL memiliki keunggulan dalam hal kamera. Smartphone ini memang didesain untuk pengguna Zenfone 2 yang gemar melakukan aktivitas foto, tetapi tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan smartphone dengan kemampuan foto yang bagus.

Dengan bentang layar 5 inci, prosesor yang mendukung 64 bit, dan meori yang lebih luas, membuat Zenfone 2 Laser ZE500KL menjadi salah satu smartphone yang pantas menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Namun, apa saja kelebihan yang ada di smartphone besutan Asus ini? Simak ulasannya berikut ini.

Kelengkapan

Sama seperti produk Asus Zenfone lainnya, paketnya dikemas dalam bentuk yang kompak dengan boks berwarna merah (Mobitekno mendapatkan unit review berwarna merah). Saat dibuka, terlihat pertama kali unit Zenfone 2 Laser ZE500KL yang masih dibalut plastik untuk melindungi layar.

Berikut ini apa saja yang ditemukan dalam paket pembeliannya.

  1. Unit Zenfone 2 Laser ZE500KL
  2. Kabel data Micro USB
  3. Adaptor listrik untuk melakukan proses pengisian daya.
  4. Buku petunjuk singkat
  5. Buku garansi.

Desain

Melalui filosofi Zen, Asus merancang seluruh varian Zenfone 2 dengan bentuk bodi yang mirip. Begitu juga yang terlihat dari Zenfone 2 Laser ZE500KL. Dengan bentang layar 5 inci, smartphone ini masih menyediakan sedikit ruang untuk frame di sisi kanan dan kirinya. Desain lengkung khas Zenfone terlihat jelas di keempat sudutnya. Dengan desain seperti ini, Zenfone 2 Laser ZE500KL mudah dibawa-bawa dan diletakkan dalam saku celana atau baju.

Seperti produk Zenfone lainnya, keseluruhan layar dan sekelilingnya memiliki desain warna hitam.Di bagian atas layar terdapat logo Asus dan speaker untuk memunculkan suara saat melakukan panggilan telpon. Di tepi atas kanannya terletak kamera depan yang dibuat untuk memanjakan para pencinta selfie. Sementara di bagian bawah layar, terdapat sedikit ruang yang didesain dengan guratan-guratan khas Zenfone.

Berbeda dengan kebanyakan smartphone yang ada saat ini, Desain Zenfone 2 menampilkan tombol power di bagian atas, bersebelahan dengan port audio. Sementara port micro USB ada di bagian bawah. Dengan tombol power di bagian atas, konsumen Zenfone harus menggunakan jari telunjuknya untuk mengaktifkan atau mematikan smartphone. Oleh sebab itu, desain ini membuat kebanyakan konsumen harus membiasakan diri karena biasanya mereka menggunakan jempol untuk mengakses tombol power yang kebanyakan ada di sisi kanan atau kiri smartphone.

Praktis, dengan kehadiran tombol power di atas, bagian kanan dan kiri smartphone ini terlihat polos. Hanya perpaduan warna hitam dan merah yang terlihat di sisi kiri dan kanan.

Di bagian belakang, Anda baru melihat keberadaan tombol volume dengan bentuk yang menyatu antara volume bawah dan atas. Posisinya persis ada di bawah kamera belakang. Desain tombol volume ini memang membawa perubahan dalam hal mengakses berbagai fitur dalam smartphone. Contohnya pada proses pengambilan selfie. Dengan desain tombol volume ini, pengambilan selfie menjadi lebih mudah, hanya dengan jari telunjuk dan membuat posisi smartphone di tangan semakin kokoh, tidak takut terlepas.

Kamera belakangnya sendiri yang berkapasitas 13 MP dengan bukaan f/2.0 terletak di persis di tengah bagian balakang. Kamera ini diapit oleh dual LED flash dan Laser Autofocus. Keberadaan laser ini yang menjadi ciri khas smartphone ini. Dengan laser, fokus akan bekerja lebih cepat, sehingga pengambilan objek foto atau video dapat dilakukan dengan sangat cepat.

Masih di bagian belakang speaker phone didesain cukup menarik, sehingga tampak seperti sebuah smartphone premium.

Desain cover belakang Zenfone 2 Laser ZE500KL cukup fleksibel sehingga dapat dibuka melalui sebuah coakan kecil di bagian kanan bawah. Buka cover tersebut dan akan terlihat baterai Litium Polymer dengan kapasitas 2.400 mAh. Di atasya terdapat slot dual Micro SIM card untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam berkomunikasi. Untuk memasukkan micro SIM card ini, ada baiknya Anda lepaskan terlebih dahulu baterai dengan mengangkatnya dari bagian bawah.

Untuk slot memori tambahan, Micro SD, perangkat ini mendukung hingga kapasitas 128 GB. Posisi slot Micro SD terletak menyatu dengan micro SIM Card di bagian kanan. Desainnya yang menyatu dengan slot Micro SIM membuat slot Micro SD agak sulit terlihat. Apalagi kedua slot ini memiliki bahan bahan material frame yang sama.

Zenfone 2 Laser ZE500KL ini sendiri memiliki ukuran 143,7 mm x 71,5 mm x 10,5 mm. Beratnya 140 gram sehingga cukup ringan untuk dibawa kemanapun Anda pergi.

Fitur & Performa

Dengan prosesor dari Qualcomm Snapdragon 410 berkecepatan 1,2 GHz 64 bit ditambah memori 2 GB RAM dan GPU Adreno 306, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL memiliki kinerja yang tidak mengecewakan. Didukung dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop, menjalankan berbagai aplikasi di dalamnya bisa dilakukan dengan lancar, tanpa hambatan.

Saat diuji Mobitekno untuk digunakan sebagai smartphone harian dengan banyak aplikasi di dalamnya, seperti beberapa aplikasi media sosial, aplikasi office, aplikasi instant messenger, dan turut menjalankan berbagai fitur bawaan Asus, Zenfone 2 Laser ini cukup mempuni mengikuti keinginan penggunanya. Jika ingin smartphone dalam kondisi prima, jangan abaikan fungsi Power & Boost dan Clean Master yang sudah ada di dalamnya. Memori dan chace pun akan kosong setelah menjalankan kedua tool tersebut.

Masih untuk kebutuhan harian, Mobitekno menggunakan jenis micro SIM Card yang sudah mendukung 4G. Hasilnya, koneksi cepat dan penangkapan signal dari operator cukup cepat. Hal ini karena Zenfone 2 Laser sudah mendukung fungsi LTE Cat 4 yang dapat mendukung kecepatan transfer data hingga 150 MBps.

Dari sisi display, smartphone ini dibekali dengan layar yang sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 4 dan mengadopsi resolusi layar 720 x 1280 pixel dengan 294 ppi pixel density. Dengan demikian, tampilan terlihat cerah dalam layar LCD-nya yang berukuran 5 inci.

Keunggulan seri Laser sudah tentu ada di sisi kamera. Dengan bukaan f/2.0 dan penggunaan resolusi kamera sebesar 13 MP, smartphone ini terlihat baik dalam menangkap setiap objek gambar. Fungsi laser autofocus-nya bekerja baik karena mampu menangkap objek dengan sangat cepat, bahkan untuk objek yang berjarak dekat. Dengan demikian, tidak dibutuhkan waktu lama untuk menjepret detail dari setiap objek. Uniknya, keberadaan laser autofocus ini bisa berfungsi juga sebagai penggaris.

Adanya laser autofocus ditambah fungsi dual LED flash dan Pixel Master yang menjadi andalan Zenfone juga membuat kamera tidak hanya cepat dalam menangkap objek, tetapi juga menangkap objek dengan tampilan yang jelas. Hal ini bisa dibuktikan dengan kondisi pencahayaan yang kurang. Kamera masih sanggup menangkap detail objek dengan detail dan erah, tidak gelap seperti kamera biasa. Dari Zenfone pertama, Asus memang mengandalkan teknologi Pixel Master untuk membuat objek gambar menjadi lebih cerah terlihat.

Di fungsi kamera belakang, Asus juga menyediakan berbagai tool untuk menambah pengalaman menggunakan kamera di Zenfone 2 Laser ZE500KL. Selain mode Auto, fungsi kamera bisa juga menggunakan mode manual. Anda bisa mengatur fungsi autofocus, ISO, White Balance, dan bukaan lensa sesuai keinginan Anda.

Selain mode manual, Asus juga menyediakan mode HDR, Beautification untuk memperhalus tampilan wajah dan kulit, Low Light, Night untuk kondisi gelap, Depth of Field untuk membuat foto bokeh, Selfie dengan kamera belakang, animasi GIF, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, Time Lapse, Slow Motion, dan Panorama. Semua bisa digunakan dengan mudah menyesuaikan keinginan pengguna.

Untuk kamera depan yang berkemampuan 5 MP, Asus juga membekali smartphone ini berbagai tool untuk Anda yang gemar Selfie. Ada enam tool dalam fungsi Beautification yang bisa digunakan agar penampilan bisa lebih menarik saat berfoto selfie. Anda bisa mengatur level (tersedia level 1 hingga 10) untuk menghaluskan kulit, menambah warna rona pipi, hingga mengatur kelopak mata. Fungsi pengambilan foto Selfie pun bisa dilakukan timer yang bisa diaktifkan cepat dengan menarik tombol snap ke bagia dalam.

Sama seperti seri Zen lainnya, Asus juga membekali berbagai aplikasi bawaan yang berguna dalam Zen Apps. Power Saver untuk manajemen daya, Do It later untuk manajeman telpon, SuperNote untuk membuat catatan penting, hingga Asus Webstorage yang dapat menyedikan penyimpanan cloud hingga 5 GB secara gratis bisa dinikmati pengguna untuk menambah rasa nyaman dalam menggunakan Asus ZE500KL sehari-hari.

Untuk tampilan smartphone yang lebih menarik, Asus juga menggunakan ZEN UI yang hadir dengan menyediakan banyak tema (theme) menarik. ZEN UI juga didesain khusus sehingga akses untuk ke berbagai aplikasi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Bahkan, beberapa aplikasi bisa dikelompokkan dalam sebuah kategori yang bisa dilakukan secara otomatis maupun manual. Dengan demikian, UI-nya tidak menampilkan terlalu banyak shortcut aplikasi alam layarnya.

 

Performa

Kami menggunakan tiga aplikasi benchmark untuk menguji kemampuan samrtphone ini. Selain Antutu 6, kami juga menggunakan Geekbench 3 dan PC mark. Hasilnya sebagai berikut.

Antutu 6.0

 

PCMark for Android

 

Geekbench 3.0

 

Hasil Foto:

 

Spesifikasi

Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL hadir dengan spesifikasi yang cukup tangguh untuk smartphone berharga 2 jutaan. Berikut spesifikasi Zenfone 2 laser ZE500KL:

Layar 5 inci TFT HD 1280 x 720 pixel, Corning Gorilla Glass 4
Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 1,2 GHz 64 bit Quad Core Cortex A53
GPU Adreno 306
Kamera 13 MP (belakang) autofokus, pixel master, f/2.0, wide view; 5 MP (depan) wide view
RAM 2 GB LPDDR3 RAM
Storage 32 GB internal, Micro SD hingga 128 GB
Jaringan GSM/HSPA/4G LTE Cat 4
Kartu SIM Dual Micro SIM Card
Komunikasi dan fitur WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth® v 4.0 with A2DP, Wi-Fi Direct, radio FM
Audio MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, MIDI, WAV, AC3, FLAC
Video DivX, H.264, MPEG4, H.263, Xvid, 3gp
Sensor Accelerator/G-Sensor/E-Compass/Proximity/Ambient Light Sensor/Hall Sensor
Baterai 2.400 mAh LiPo

 

Kesimpulan

Sesuai dengan namanya, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL ini memang ditujukan untuk pengguna smartphone yang aktif dan gemar melakukan foto-foto untuk menunjang aktivitas media sosialnya. Fungsi Laser Autofocus ditambah dengan teknologi Pixel Master dan keberadaan dual LED flash merupakan paduan yang pas untuk menghasilkan objek gambar yang cerah dan detail.

Baik kamera belakang dan depan, semuanya didukung oleh tool yang menarik sehingga dapat menambah pengalaman dalam penggunaan amera smartphone. Bahkan, salah satu fiturnya, yaitu Time Rewind bisa digunakan oleh pengguna yang sulit mendapatkan momen foto. Oleh sebab itu melalui Time rewind, mereka bisa memilih momen yang pas dengan memajukan atau memundurkan waktu penangkapan gambar.

Namun, walaupun kelebihan utama ada di kamera, tetapi Asus tetap membekali dengan berbagai aplikasi menarik untuk penggunanya. Salah satunya adalah Asus PC Link yang dapat melakukan peroses transfer data melalui koneksi Wi-Fi Direct.

Secara keseluruhan, dengan berat yang ringan, bodi dengan materual yang nyaman digenggam, dan ukuran layar yang 5 inci membuat smartphone ini begitu fleksibel digunakan di situasi apapun tanpa harus khawatir sartphone akan terlepas karena dapat digenggam dengan erat di telapak tangan orang Indonesia.

Tags: , , ,


COMMENTS