February 11, 2016

YouthSpark Idea Generation: Talenta Muda Kreatif Asal Yogyakarta Mulai Bermunculan

Penulis: Eko Lannueardy
YouthSpark Idea Generation: Talenta Muda Kreatif Asal Yogyakarta Mulai Bermunculan  

MOBITEKNO – Puluhan ide aplikasi permainan berbasis edukasi dan kebudayaan sukses dihasilkan oleh 305 anak muda dalam ajang YouthSpark Idea Generation di Yogyakarta. YouthSpark Idea Generation merupakan salah satu program Citizenship Microsoft, dimana peserta diberikan pelatihan khusus mengenai cara mengembangkan ide kreatif yang dapat dituangkan menjadi sebuah aplikasi permainan.

Adapun seluruh ide kreatif yang dihasilkan pada kegiatan YouthSpark Idea Generation kali ini turut menghadirkan unsur-unsur kesenian dan kebudayaan, serta memperkenalkan tempat-tempat wisata di Yogyakarta. Hal ini tentunya sangat bermanfaat sehingga dapat membawa kedekatan tersendiri kepada masyarakat Indonesia.

Rony Primanto, Kepala Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informasi, DISKOMINFO, Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan, "Kami berharap kegiatan YouthSpark Idea Generation dapat membantu program kami untuk meningkatkan nilai-nilai budaya, khususnya di Yogyakarta. Kami menyambut baik inisiatif seperti ini karena kami ingin generasi muda di Yogyakarta dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya".

Hasil ide kreatif dari kegiatan YouthSpark Idea Generation contohnya disampaikan oleh tim Lurik Studio dari SMA Negeri 10 Yogyakarta melalui ide aplikasi permainan “Rebut Kembali”. Permainan ini mengusung konsep budaya Indonesia, dimana pemain diajak menyelesaikan berbagai teka-teki dan rintangan untuk mengumpulkan sejumlah warisan budaya yang telah dicuri oleh musuh.

Tak hanya itu, ide kreatif lainnya yang dihasilkan juga diperlihatkan oleh perwakilan SMK Pelayaran Muhamadiyah 1 Kalasan melalui ide aplikasi permainan “The Adventure of Word”. Di sini, pemain diajak berpetualang menuju beberapa tempat wisata di Yogyakarta dengan mengikuti instruksi dan arahan yang tertulis dalam Bahasa Inggris.

Dalam kegiatan YouthSpark, pelatihan khusus mengenai idea generation diberikan oleh tim Microsoft Innovation Center (MIC) kepada para peserta dari 26 sekolah dan 3 organisasi non-profit di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Microsoft Indonesia yang didukung oleh FISIPOL UGM, Microsoft Innovation Center dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB).

Esther Sianipar, Community Affairs Manager, Microsoft Indonesia mengatakan, “Kami sangat senang dan bangga melihat banyaknya ide yang berhasil diciptakan dalam YouthSpark, khususnya selama YouthSpark Idea Generation. Berbagai ide yang dihasilkan semakin menunjukkan besarnya potensi generasi muda dalam berpikir secara kreatif, logis, dan terstruktur”.

Tidak berhenti pada tahap idea generation, YouthSpark Yogyakarta yang berlangsung hingga Mei 2016 juga akan memilih ide aplikasi terbaik. Kumpulan ide dari 250 peserta akan dipilih oleh Microsoft Indonesia dan YCAB untuk mendapat dukungan pelatihan agar ide tersebut dapat terealisasikan menjadi sebuah aplikasi nyata.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS