November 10, 2016

Maksimalkan Potensi Ritel, Matahari Department Store Luncurkan MatahariStore.com

Penulis: Desmal Andi
Maksimalkan Potensi Ritel, Matahari Department Store Luncurkan MatahariStore.com  

MOBITEKNO – Segmen ritel dan fashion ternyata masih cukup menjanjikan untuk pasar Indonesia. Hal ini membuat Matahari department Store yang selama ini dikenal sebagai toko offline di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia menghadirkan MatahariStore.com untuk memenuhi kebutuhan belanja pengguna internet di Indonesia. Toko versi online ini bisa menjangau pangsa pasar yang lebih luas, terutama untuk kebutuhan produk fashion.

Peluncuran toko digital ini merupakan aksi nyata dari matahari Department Store dalam menyambut peluang yang hadir bersamaan dengan berkembangnya industri online maupun ritel di Indonesia. Berdasarkan riset Google dan Temasek, industri eCoomerce akan menyumbang hampir 60% dari keseluruhan pasar online di Indonesia. Apalagi ditambah dengan pernyataan Menkominfo bahwa transaksi eCoomerce di Indonesia bisa mencapai US$ 130 miliar pada tahun 2020, toko online MatariStore.com diharapkan dapat membantu pertumbuhan eCommerce dalam negeri.

“Kami telah mengadakan studi sebelumnya dan menemukan bahwa dibutuhkan lebih dari 400 gerai fisik Matahari Department Store di seluruh Indonesia untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, mengingat keterbatasan infrastruktur mall maupun sumber daya, saat ini hanya terdapat 148 gerai Matahari Department Store di Indonesia. Untuk itulah matahariStore.com hadir sebagai sebuah kesempatan bagi Matahari Depertment Store untuk menjangkau mereka yang sebelumnya belum terjangkau oleh toko fisik,” kata Christina Kurnia, Director of Merchandising and Marketing matahari Department Store. “Melalui upaya menyeluruh dari toko ritel, aplikasi mobile, dan kini, dilengkapi juga dengan MatahariStore.com, kami percaya bahwa kami dapat menjadi pemain ritel omni-channel yang sesungguhnya,” tambah Christina.

Pengoperasian sehari-hari MatahariStore.com akan berpijak pada teknologi dan infrastruktur yang telah dimiliki oleh MatahariMall.com, perusahaan eCommerce besutan Lippo Group yang diluncurkan pada tahun 2015. Alur transaksi yang terjadi dalam MatahariStore.com akan ditangani oleh MatahariMall.com, mulai dari konten/tampilan produk, pembayaran produk, hingga ke pembayaran dan pengiriman barang. Selain itu, sebagaimana MatahariMall.com erupakan pelopor O2O (Online-to-Offline) di Indonesia, MatahariStore.com juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pelanggan untuk membayar, menerima, dan mengembalikan produk pilihan mereka di seluruh titik Pick up & Pay MatahariMall.com yang berjumlah 649 di seluruh Indonesia.

“Kala MatahariMall.com menawarkan lebih dari berbagai jenis pilihan barang dan melayani pasar dengan cakupan yang sangat luas, MatahariStore.com lebih terfokus kepada fashion, mengandalkan kepercayaan dari pasar yang telah dibangun selama ini,” ujar Hadi Wenas, CEO MatahariMall.com.

Tags: , , ,


COMMENTS