October 10, 2016

Telkomsel dan BTPN Kembali Uji Coba Penyaluran Non-Tunai Bantuan Sosial Pemerintah

Penulis: Eko Lannueardy
Telkomsel dan BTPN Kembali Uji Coba Penyaluran Non-Tunai Bantuan Sosial Pemerintah  

MOBITEKNO – Telkomsel bermitra dengan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan TCASH Ekstra – BTPN Wow! Ini merupakan uji coba kedua, sebelumnya pada pada Agustus 2016 lalu TCASH Ekstra – BTPN Wow! telah melakukan uji coba di Medan, Jakarta, Bogor, dan Solo.

Uji coba ini sekaligus dukungan Telkomsel dan BTPN kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi. Uji coba dilakukan di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara).    

"Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama, dan sebagian besar penerima manfaat merasa mekanisme yang ditawarkan TCASH Ekstra – BTPN Wow! lebih mudah dan cepat lewat agen terdekat," Vice President MFS Operations Telkomsel Rudy Hamdani.   

Ditambahkan oleh Rudi, sebanyak 34 agen BTPN Wow! yang juga merupakan merchant TCASH telah ditunjuk untuk melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba. Hal ini sekaligus merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat.    

Dalam uji coba yang dilakukan, Telkomsel dan BTPN bersama dengan TNP2K memanfaatkan rekening BTPN Wow! sebagai saluran bagi para penerima manfaat untuk mendapatkan bantuan sosial yang dikirimkan secara non-tunai. BTPN Wow! adalah sebuah layanan perbankan yang dapat diakses melalui berbagai tipe ponsel dan didukung jasa agen untuk meningkatkan jangkauan bank ke masyarakat di pelosok.   

"Apa yang kami lakukan di sini sejalan dengan komitmen BTPN untuk mengambil peran penting dalam mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia. Dengan BTPN Wow!, penerima manfaat sekaligus dapat terhubung dengan layanan perbankan formal," kata Product and Customer Experience Head BTPN Wow! Achmad Nusjirwan Sugondo.   

Sementara itu, TCASH merupakan saluran untuk dapat melakukan pencairan dana bantuan pangan. Layanan NFC (Near Field Communication) yang digunakan TCASH akan memberikan banyak kemudahan kepada penerima manfaat dalam bertransaksi. Cukup dengan menempelkan (tap) ponsel yang telah terhubung dengan TCASH ke ponsel NFC (pengganti EDC) milik agen, maka transaksi dapat dilakukan.   

"Layanan penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan TCASH Ekstra – BTPN Wow! meningkatkan efektifitas distribusi dana bantuan menjadi lebih tepat sasaran dan mengurangi risiko kebocoran. Proses pengambilan berupa uang atau barang dapat dilakukan dengan mudah di warung merchant TCASH maupun agen BTPN Wow! yang ada di lingkungan penerima dana bantuan," tambah Rudi.   

Telkomsel dan BTPN, pada April 2016 telah bekerjasama mengembangkan layanan keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama. Layanan ini menghubungkan mobile money TCASH serta rekening tabungan BTPN Wow! yang merupakan layanan perbankan dengan memanfaatkan ponsel dan didukung jaringan agen untuk transaksi perbankan.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS