October 10, 2016

Tahun Depan, Mengendarai Toyota Bisa Ditemani oleh Kirobo

Penulis: Desmal Andi
Tahun Depan, Mengendarai Toyota Bisa Ditemani oleh Kirobo  

MOBITEKNO – Sebuah robot kecil yang bernama Kirobo mulai dijual Toyota pada tahun 2017. Kirobo yang dalam bahasa Jepang berarti Robot Harapan, bukan sekadar penghias kabin mobil Toyota. Kirobo daat menjadi pendamping pengemudi saat dihubungnkan ke beberapa device melalui Bluetooth atau aplikasi. Kirobo aka membaca karakter dari pengemudi sehingga dapat membantu perjalanan.

Semua perilaku pengemudi dapat dipelajari Kirobo. Bahkan, robot kecil ini dapat terlibat dalam sebuah pembicaraan sehingga dapat membantu pemiliknya untuk mengingatkan sebuah jadwal atau event. Inbteraksinya ini akan disesuaikan dengan pemiliknya dan dapat membaca peristiwa-peristiwa di masa lalu.

Kirobo memiliki tinggi hanya 4 inci dan dapat diletakkan di telapak tangan dengan nyaman. Beratnya hanya 0,4 pound. Kirobo memiliki dua mata berbentuk bulat besar. Tidak ada hidung di bagian mukanya, tetapi mulutnya terus memberikan sebuah senyuman.

Saat dibawa untuk perjalanan jauh, Kirobo dapat diajak untuk berbincang dan bercakap-caka dengan pemiliknya, tanpa harus mengganggu proses berkendara. Bahkan, Kirobo dapat mengingatkan tujuan, jadwal, dan hal lainnya, sehingga pemilim tetap fokus dengan perjalanannya. Toyota telah mengembangkan algoritma pengingat Kirobo sehingga data pada robot kecil ini dapat dimasukkan ke perangkat mobil. Dengan demikian bisa dapat membuat antarmuka yang interaktif antara manusia dan mesin.

Kirobo akan dijua di gerai dan dealer Toyota di Jepang pada tahun 2017. Robot kecil ini pun akan dihargai US$ 390 untuk menemani perjalanan para pemilik mobil Toyota.

Sumber: Leftlane

Tags: , , ,


COMMENTS