October 10, 2016

Jerman Akan Larang Mesin Berjenis Pembakaran di Tahun 2030

Penulis: Desmal Andi
Jerman Akan Larang Mesin Berjenis Pembakaran di Tahun 2030  

MOBITEKNO – Jerman tampaknya ingin negaranya bersih dari polusi. Negara ini ingin mendorong warganya untuk lebih memilih mobil ramah lingkungan ke depannya. Tampaknya keingininan negara ini akan bisa terwujud. Pasalnya, Dewan Federal negara tersebut sudah mengeluarkan resolusi yang menyerukan pelarangan penggunaan mobil-mobil dengan mesin berjenis pembakaran beredaar di tahun 2030 nanti.

Dengan adanya seruan ini, Jerman ingin warganya hanya membeli mobil nol emisi. Tidak peduli apakah mobil tersebut berjenis mobil hidrogen atau mobil listrik. Yang terpenting, bukan mobil bermesin pembakaran lagi seperti yang banyak beredar saat ini.

Agar impiannya terwujud, negara ini pun berencana akan memberi insentif pada pembeli obil ramah lingkungan. Masih belum jelas apa insentifnya. Namun, bisa saja insentif yang bisa diterima pembeli dan pemilik mobi nol emisi adalah dalam bentuk keringanan pajak.

Tidak hanya untuk negaranya. Jerman juga ingin seruannya diikuti oleh negara-negara lain yang masuk dalam Uni Eropa agar bisa tercipta lingkungan yang bersih di daratan Eropa. Sayangnya, hal ini tidak semudah membalik telapak tangan. Namun, mengingat Jerman merupakan salah satu negara paling berpengaruh di Uni Eropa, kebijakan ini bisa saja perlahan-lahan ditularkan ke negara lainnya.

Saat ini, Jerman merupakan salah negara dengan industri otomotif terkuat di dunia. Mulai dari Volkswagen, Mercedes-Benz, dan BMW sudah sejak lama mengembangkan mobil-mobil nol emisi. Jadi, tampaknya seruan ini tidak akan menemui kendala di negara tersebut karena industri otomotif di dalam negerinya sudah siap dengan mobil-mobil nol emisinya.

Sumber: UberGizmo

Tags: , , , , , ,


COMMENTS