July 10, 2016

Pria Asal Florida Ini Klaim Steve Jobs Curi Idenya untuk Membuat iPhone

Penulis: Elizabeth Swanti
Pria Asal Florida Ini Klaim Steve Jobs Curi Idenya untuk Membuat iPhone  

MOBITEKNO – Menghadapi berbagai gugatan tampaknya sudah biasa dihadapi oleh Apple, Inc, mulai dari gugatan akan hak paten, malfungsi produk, hingga keunikan seperti yang dilakukan oleh seorang pria asal Florida ini.

Thomas S Ross, nama pria tersebut baru-baru ini menggugat Apple dengan mengatakan bahwa pendiri perusahaan tersebut, Steve Jobs telah mencuri idenya untuk membuat iPhone. Ross mengklaim bahwa pada tahun 1992, ia tengah mengajukan hak paten akan perangkat baca elektronik (ERD), sebuah perangkat genggam persegi panjang yang terlihat mirip dengan iPhone saat ini, dimana kemudian Jobs mewujudkan perangkat tersebut dalam bentuk iPhone yang populer saat ini.

Dalam inti isi gugatannya Ross, mengatakan bahwa ia adalah "yang pertama kali mengajukan perangkat yang dirancang dan dikumpulkan untuk menciptakan kombinasi baru dari media dan alat komunikasi … yang identitasnya itu, sejak saat itu, dibajak dan dimanfaatkan oleh iPhone Apple, iPod, iPad dan lain-lain". Termasuk dalam pengajuan gugatan adalah gambar dari paten asli Ross.

Ross mengklaim reproduksi Apple sendiri "secara substansial sama dengan gambar teknis tentang ERD, dan bahwa perangkat derivatif tiga dimensi Apple (iPhone, iPod, iPad), mewujudkan tampilan estetika yang non-fungsional.

Dilansir melalui The Telegraph pekan ini, nilai gugatan Ross pun tak main-main yakni sebesar US$ 10 miliar.  Hingga saat ini, belum ada komentar dari pihak Apple, Inc mengenai gugatan Ross yang dipublikasikan di media. 

Tags: , , ,


COMMENTS