November 9, 2016

1.000 Startup Digital: Anak Muda Bandung Antusias Ikut Ignition

Penulis: Eko Lannueardy
1.000 Startup Digital: Anak Muda Bandung Antusias Ikut Ignition  

MOBITEKNO – Rangkaian Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di kota Bandung resmi dimulai melalui tahapan pertama, Ignition. Sekitar 200 anak muda kreatif Bandung berkumpul di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) untuk mendapat ilmu dari sejumlah pembicara kompeten di bidang startup digital, Sabtu (5/11) lalu.

Terdapat lima sesi yang menjadi fokus utama pada Ignition Bandung yaitu Entrepreneurial Mindset, Don't Start a Business, Solve a Problem, Collaboration to Create Innovation, Innovating with Creativity, Notion of Innovation: Innovating with Creativity, dan How to Think like a Founder.

Kegiatan Ignition Bandung ini dibuka dengan paparan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara yang mengaku optimistis dengan geliat startup digital di Bandung. Dikenal sebagai pusat kreativitas dan didukung oleh berbagai komunitas digital yang terus berkembang pesat, Bandung berpotensi untuk menjadi salah satu kiblat tech startup di Indonesia. 

“Saya memiliki keyakinan, dari sisi kreativitas Bandung menjadi salah satu yang terdepan di Indonesia. Selain itu, saya juga berharap dengan hadirnya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dapat melahirkan banyak startup founder yang membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 2020 mendatang," ujar Rudiantara dalam sambutannya.

Rudiantara juga menegaskan bahwa saat ini Indonesia baru memiliki 1,5% pengusaha dari sekitar 252 juta penduduk Tanah Air. Indonesia butuh sekitar 1,7 juta pengusaha untuk mencapai angka 2%. Angka tersebut masih kalah dibandingkan negara ASEAN lainnya seperti Singapura yang memiliki entrepreneur sebanyak 7%, Malaysia 5%, Thailand 4,5%, dan Vietnam 3,3%.

""

Optimisme Rudiantara juga disambut positif oleh Yansen Kamto, CEO KIBAR dan penggagas Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Ia mengatakan, "Indonesia memiliki populasi modern yang produktif dan teknologi dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia dalam membangun pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan meningkat, Indonesia dapat menjadi bangsa yang disegani."

Para peserta di Bandung sangat antusias mengikuti kegiatan yang akan berlangsung di 10 kota ini. Bahkan, ada seorang peserta yang pernah magang di bidang pariwisata di Malaysia rela kembali bergelut di bidang IT untuk mengikuti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Setelah melewati tahap Ignition, peserta Bandung akan mengikuti networking session pada 12 November 2016 mendatang. Di kegiatan tersebut, mereka harus membentuk tim yang terdiri dari hustler, hacker dan hipster. Setelah tim terbentuk, selanjutnya masuk ke tahap Workshop untuk mendapat materi tentang design thinking, market validation dan business model dari sejumlah trainer.

 

Tags: , , ,


COMMENTS