September 9, 2016

Tembus Rp 2 Milyar, Crowdfunding Masjid Chiba Jepang di Kitabisa.com Cetak Rekor Baru

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tembus Rp 2 Milyar, Crowdfunding Masjid Chiba Jepang di Kitabisa.com Cetak Rekor Baru  

MOBITEKNO – Pendanaan secara online (crowdfunding) di Indonesia memasuki babak baru. Kampanye kitabisa.com/masjidchibajepang berhasil mengumpulkan donasi lebih dari 2 miliar yang juga menandai rekor baru kampanye crowdfunding online terbesar di Indonesia.

Rekor sebelumnya dipegang kampanye Kitabisa.com/tristanalif yang diinisiasi oleh Rhenald Kasali & Andrinof Chaniago dan berhasil mengumpulkan total dana Rp 879 juta untuk beasiswa pendidikan bola bagi Tristan Alif yang dijuluki “Messi Indonesia”.

Kampanye crowdfunding untuk Masjid di Chiba ini berawal niat komunitas muslim Indonesia di Chiba (Jepang) untuk membeli gedung untuk dijadikan masjid. Selama ini, komunitas tersebut masih menyewa tempat ibadah selama bertahun-tahun.

Usahanya membeli gedung untuk masjid dengan batas akhir pelunasan 20 September diawali dengan beragam cara penggalangan dana hingga akhirnya membawa mereka ke kampanye crowdfunding Kitabisa.com. Para netizen pun mendukungnya dengan melakukan sharing ribuan kali di website dan sharing jutaan kali melalui sosial media.

Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com, meyakini rekor ini akan terus naik seiring peneterasi Internet yang. “Kitabisa.com meyakini, bahwa perkembangan teknologi tentu membuat upaya pengumpulan dana secara digital akan kian mudah,” jelas Alfatih

“Kitabisa.com memberikan pengalaman donasi semudah berbelanja online, dengan sistem pelaporan yang jelas dan transparan, banyak pilihan pembayaran dan donatur bisa mendapatkan update terkini tentang penggunaan dana melalui email,” tambahnya.

Kitabisa.com telah mengumpulkan donasi senilai Rp 30 miliar melalui 2000 kampanye crowdfunding. Semua pihak dapat menggalang dana di Kitabisa.com, bagi dunia medis, beasiswa, membangun rumah ibadah, dan lain-lain.

Hingga saat ini (8/9//2016), kampanye Masjid Chiba Jepang sudah mengumpulkan dana Rp.2.109.700.057 dari 4000 donatur. Mayoritas donatur adalah masyarakat Indonesia sendiri yang melihat facebook post dari kitabisa yang dishare ribuan orang. Sebagian kecilnya adalah diaspora Indonesia dari berbagai negara.

Kampanye ini akan terus berjalan hingga tanggal 20 September. Siapapun yang tertarik untuk berdonasi bisa langsung mengunjungi alamat (URL) ini dan klik tombol “Donasi Sekarang”. Dari sana akan muncul nomor rekening yang bisa ditransfer.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS