September 9, 2016

Berjaga-Jaga, Tiga Maskapai Penerbangan Larang Penggunaan Galaxy Note 7 di Pesawat

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Berjaga-Jaga, Tiga Maskapai Penerbangan Larang Penggunaan Galaxy Note 7 di Pesawat  

MOBITEKNO – Samsung sudah membuktikan komitmennya terhadap konsumen Galaxy Note 7 dengan program replacement dan insentif akibat beberapa kasus baterainya yang meledak.

Namun, selama semua phablet flagship Samsung yang berisiko meledak (dengan baterai buatan Samsung SDI) tersebut belum ditukarkan dengan penggantinya yang bebas masalah, tindakan preventif harus dilaksanakan.

Langkah preventif inilah yang diambil tiga maskapai Australia yang melarang semua penumpang menggunakan Galaxy Note 7 selama penerbangan. Larangan oleh maskapai penerbangan Qantas, Jetstar, dan Virgin Australia bukanlang larangan/aturan resmi yang dikeluarkan otoritas penerbangan di negara bersangkutan, tapi hanya sekadar inisiatif dari ketiga maskapai tersebut.

Jumlah kasus meledak atau terbakarnya Galaxy saat pengisian (charging) baterai sejauh ini sudah mencapai 35 kejadian. Kasus terbaru dialami seorang pengguna Note 7, Nathan Dornacher, dari St. Petersburg, Florida, AS.

Karena ketidaktahuan dengan kasus Note 7 yang meledak baru-baru ini, Nathan meninggalkan phablet miliknya tersebut untuk di-charging dalam mobil Jeep Grand Cherokee. Akibatnya, bukan Note 7 saja yang meledak, mobil Jeep milikinya juga hangus terbakar.

Selain larangan penggunaan, ketiga maskapai penerbangan ini juga melarang penumpang mengisi baterainya selama penerbanga. Sejauh ini tidak diketahui pasti, apakah larangan juga berlaku jika Note 7 berada dalam kondisi tidak aktif (OFF). Selain maskapai Australia, otoritas penerbangan udara sipil AS, FAA, juga dikabarkan sudah membuat peringatan bagi penumpang pesawat berkaitan dengan masalah Note 7 tersebut.

Samsung sejauh ini sudah menarik sekitar 2,5 juta unit Galaxy Note 7 yang beredar di sekitar 10 negara. Larangan dari tiga maskapai Australia bahkan mungkin berlanjut ke pihak otoritas penerbangan udara menjadi peringatan buat Samsung untuk bersiap menghadapi dampak-dampak lainnya yang muigkin terjadi.

Sebagai peringatan bagi Anda yang sudah memiliki atau memesan Galaxy Note 7, sebaiknya langsung menghubungi dealer resmi Samsung terdekat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program replacement di masing-masing negara.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES