July 9, 2016

Inilah Virus Android Paling Berbahaya saat Ini

Penulis: Elizabeth Swanti
Inilah Virus Android Paling Berbahaya saat Ini  

MOBITEKNO – Bisa jadi, inilah virus paling berbahaya yang menyerang perangkat Android saat ini. HummingBad, demikian namanya, telah menginfeksi lebih dari 10 juta perangkat android dari smartphone hingga tablet di seluruh dunia.

Menurut laporan dari perusahaan keamanan mobile Check Point, HummingBad yang muncul pada bulan februari lalu memiliki kode malware yang canggih. Disinyalir, virus ini merupakan kreasi dari para penjahat cyber Tiongkok yang terorganisir. Rumor juga menyebutkan bahwa para penjahat cyber ini memiliki dukungan yang kuat dibelakangnya. Para peneliti memperkirakan sosok dibalik para penjahat cyber ini adalah perusahaan analis bernilai jutaan dolar, Yingmob asal Tiongkok.

Yingmob bahkan memiliki divisi khusus yang dinamakan “Development Team for Overseas Platform,” beranggotakan 25 developer handal dan terbagi dalam 4 grup terpisah. Masing-masing divisi bertanggungjawab untuk menguji komponen malware secara individual dengan HummingBad, termasuk server and software yang penting untuk menjalankan aplikasi.

Penyebaran malware HummingBad sendiri disamarkan melalui update Chrome terutama melalui "drive-by download," atau dengan memasang sendiri pada perangkat yang mengunjungi laman web dan situs yang telah terinfeksi.

Hingga saat ini, HummingBad masih belum dapat diatasi. Namun Anda dapat mencegah perangkat Android Anda terkena infeksi dengan tidak mengupdate aplikasi yang tidak disarankan melalui platform legal.

Tags: , , ,


COMMENTS